Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Friday, June 30

Resep Membuat Lemang Ketan

Foto : Bungdasa
Resep Membuat Lemang Ketan

Kuliner, infokyai.com - Lemang adalah penganan dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, Ulun (orang) Lampung di sebelah pesisir (salah satunya kabupaten Lampung Barat) menjadikan lemang sebagai penganan lebaran (Idul fitri, Idul adha) dan kue adat (saat pernikahan atau acara adat)

Bagi anda Yai n Atu yang tertarik membuat kue lemang ketan, sebaiknya anda kumpulkan dan cari dahulu nahan-bahannya, seperti dibawah ini : 
* 1 kg beras ketan
* 1 liter santan kelapa
* 1 sdt garam halus
* Beberapa lembar daun pisang (Ada juga yang tidak menggunakan daun pisang tergantung dg selera) * 2 batang buluh bambu (Potongan bambu berukuran sekitar 30 sampai 50 cm)

Setelah bahan - bahan tersebut anda dapatkan, sebaiknya, anda langsung saja praktek'an yai, bisa ikuti cara - caranya, seperti dibawah ini ya : 
Beras ketan dicuci, lalu tiriskan. Tambahkan santan kelapa dan garam.Bersihkan bagian dalam dari buluh bambu tersebut, lalu lapisi bagian pinggiran dalam bambu dengan daun pisang.Tuangkan beras ketan yang telah diberi santan sebanyak ¾ dari bagian bambu, lalu tutupi bagian atas bambu dengan daun pisang.Bakar bambu di atas api hingga matang. Keluarkan lemang dari bambu kemudian potong-potong dan sajikan.
.
Menurut bapak Azman salah satu pembuat kue Lemang, di Pekon Sebarus Liwa khususnya membuat kue ini sudah menjadi tradisi saat menjelang hari raya Idul fitri, biasanya dibuat H-1 lebaran. Dalam proses proses pembuatannya tentunya bahan yg disiapkan seperti bambu disesuaikan dengan jumlah ketan yang di inginkan tuturnya.

Sekian informasi resep membuat lemang ketan yang dapat infokyai.com informasikan, semoga dapat bermanfaat untuk anda yang lagi membutuhkan tentang informasi mengenai resep membuat lemang ketan. (tm/mp)

Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments