Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Sunday, June 25

Apakah Sholat Id Menggantikan Sholat Dhuha ?

Foto Ist
Apakah Sholat Id Menggantikan Sholat Dhuha ?
Tentang Islam, infokyai,com - Alhamdulillah kita masih diberikan kesehatan, puji syukur berlimpah atas rahmat dan hidayahnya yang telah Allah SWT limpahkan kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul bersama di artikel kali ini yang berjudul "Adakah Shalat Dhuha Setelah Shalat Id ?".

Banyak pertanyaan yang terlontarkan, dan membuat sejumlah pengguna infokyai.com, bertanya - tanyakan, apakah jika setelah mengerjakan Sholat Id apakah kita tidak perlu lagi mengerjakan Sholat Dhuha ? dari pertanyaan tersebut, akhirnya infokyai,con cari kebenaraan tentang pertanyaan tersebut, yang infokyai.com rangkum dari mengutip dari beberapa sumber terpecaya.

Mengkaitkan dengan Sholat Jum'at pengganti Sholat Dzuhur bagi pria, namun jika wanita tetap melaksakanakan Sholat Dzuhur, sehingga jika pria tidak disyariatkan lagi untuk melakukan Sholat Dzuhur.

Dalam penjelasan kali ini, infokyai.com akan membahas tentang Sholat Id apakah mengganti Sholat Dhuha ? mengambil dari beberapa sumber, banyak diantaranya menyatakan tidak ada syarat penggantian, jadi antara Sholat Id dan Dhuha tidak saling menggantikan, maka sholat Id dan Dhuha masing - masing dianjurkan dikerjakan sendiri - sendiri. 

Mengutip Tulisan Dewan Pembina Konsultasisyariah.com Ustadz Ammi Nur Baits, berdasarkan Fatwa Lajnah terdapat pertanyaan,

هل صلاة العيدين أو الاستسقاء تنوب عن صلاة الضحى أم لا‏؟‏

Apakah shalat id atau istisqa bisa menggantikan shalat dhuha atau tidak?

Jawaban Lajnah Daimah,

لا تنوب صلاة العيد أو الاستسقاء عن صلاة الضحى‏.

“Shalat id dan istisqa tidak bisa menggantikan shalat dhuha..” (Fatwa Lajnah, no. 6936)

Dalam Fatawa Syabakah Islamiyah dinyatakan,

فصلاة العيد لا تنوب عن صلاة الضحى، فكلاهما عبادة مستقلة مطلوبة لذاتها, فصلاة الضحى من السنن الثابتة بفعل رسول الله صلى الله عليه وسلم وقد رغب في المواظبة عليها، أما صلاة العيد فللعلماء فيها ثلاثة مذهب: الأول أنها  سنة, والثاني أنها فرض عين, والثالث أنها فرض كفاية

Shalat id tidak bisa menggantikan shalat dhuha. Masing-masing ibadah yang berdiri sendiri, masing-masing dianjurkan. Shalat dhuha termasuk sunah yang dianjurkan berdasarkan praktek Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan dianjurkan untuk dirutinkan. Sementara shalat id, ada 3 pendapat ulama di sana: pertama, sunah, kedua, wajib ain, dan ketiga, fardhu kifayah.  (Fatawa Syabakah Islamiyah, no. 227446)

Jadi bisa kita ambil hikmahnya, bahwa Sholat Id tidak dapat menggantikan Sholat Dhuha, jadi diantara kedua Sholat Sunnah tersebut tidak menggantikan layaknya seperti Sholat Jum'at dan Sholat Dzuhur, oleh karena itu semoga informasi yang infokyai.com sampaikan, tentang artikel "Adakah Shalat Dhuha Setelah Shalat Id ?" , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, dan perlu diingatkan jika anda ingin mengerjakan Sholat Dhuha, sebaiknya setelah anda mengerjakan Sholat Id. (tm/mp)
Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments