Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Loading...

Monday, May 29

Kemuliaan Ramadhan

Foto Ist
Kemuliaan Ramadhan

Tentang Islam, infokyai.com - Nama Penulis adalah Mukhlasin, Lahir 01 Oktober 1992, Alamat : Metro Lampung, kontak person 0857 6968 5285.

Bulan ramadhan merupakan bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat Islam sebab didalamnya terdapat banyak keistimewaan atau kemulian tersendiri. 

Bulan Ramadhan, adalah bulan yang penuh berkah, senantiasa menunggu datangnya Bulan Ramadhan, walau 1 tahun telah berlalu, alhamdulillah di Bulan Ramadhan, tahun ini bisa bertemu kembali, Alhadmulillah nikmat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua sehingga masih dapat merasakan Bulan Ramadhan tahun ini, 

Indahnya Bulan Ramadhan, ternyata terdapat sebuah keistimewaan atau kemulaian di dalam Bulan Ramadhan, Diantara keistimewaan bulan ramadhan antara lain :

1. Senang dengan datangnya bulan ramadhan sudah mendapat kebahagiaan.
مَنْ فَرِحَ بِدُ خُلِ رَمَضَانَ حَرَمَ اللّٰه جَسَدَه عَلَى النِّيْرَانِ 
Artinya : barang siapa yang senang dengan datangnya bulan ramadhan maka Allah mengharamkan jasadnya masuk neraka. (Al-Hadis)

2. Dalam bulan ramadhan dibukanya pintu surga dan dikuncinya pintu neraka dan semua syaithan dibelenggu sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW. Artinya :
Ketika bulan ramadhan telah tiba maka beberapa pintu surga dibuka dan pintu neraka jahannam akan dikunci dan syaithan semuanya dibelenggu dengan rantai (Shohih Bukhori : J1;h:55)

3. Dibulan ramadhan pahala beibadah dilipat gandakan sebagaimana hadits rasulullah yang artinya : diriwayatkan dari sahabat salman ra. Beliau berkata pada hari terakhir bulan sya’ban Rasulullah berkhutbah yang isi khutbahnya sebagai berikut : hai manusia, kamu semua semua dinaungi oleh bulan yang sangat mulia, bulan yang penuh barokah, yang di dalamnya terdapat suatu malam yang sanagat mulia dibanding dengan seribu bulan, disiang harinya allah mewajibkan puasa dan malam harinya disunnahkan untuk beribadah, barang siapa beribadah sunnah dibulan ramadhan niscaya pahalanya bagaikan mengerjakan  kefarduan dibulan lainnya dan barang siapa yang beribadah wajib didalam bulan ramadhan laksana mengerjakan tujuh puluh kefarduan dibulan lainya dan bulan itu merupakan bulan untuk bersabar sedangkan balasanya orang yang bersabar adalah masuk surga dan merupakan bulan kebaikan yang didalamnya rizki orang mukmin menjadi bertambah, barang siapa yang memberikan buka kepada orang puasa maka pahalanya laksana memerdekakan budak dan dosanya diampuni.

Rasulullah ditanya,” wahai rasulullah kami semua ini tidak punya makanan untuk kami berikan kepada orang yang berpuasa, kemudian rasul menjawab : Allah akan memberi pahala ini kepada orang yang memberi buka kepada orang puasa baik berupa seteguk susu, satu kurma, seteguk air. Barang siapa yang memberi makan sampai kenyang kepada orang yang berpuasa maka dosanaya akan diampuni Allah dan akan minum seteguk air dari telagaku yang tidak akan haus selamanya sehingga masuk surga dan mendapatkan pahalanya orang yang puasa tanpa mengurangi pahalanya orang yang berpuasa tersebut, dan merupakan bulan yang awalnya penuh dengan rahmat, tengahnya ampunan sedangkan akhirnya dibebaskan dari neraka. Barang siapa berkenan memberikan keringanan  kepada saudaranya pada bulan itu maka akan di bebaskan oleh Allah dari neraka.
 )بغية الحارث ج 1 ص 113 (

4. Pada bulan ramadhan diturunkannya Al-Qur’an, sebagaimana firman AllahSWT:
Artinya : (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (Q.S AL-baqarah :185)

5. Dibulan ramadhan Umat Nabi Muhammad SAW mendapat 5 keistimewaan, sabagaimana hadis nabi : “Rasulullah bersabda : dibulan ramadhan  umatku mendapat lima keistimewaan yang tidak pernah didapat oleh umat sebelumnya yaitu : bau mulut orang berpuasa dihadapan allah  lebih wangi daripada minyak misik, orang berpuasa semuanya dimintakan ampun oleh malaikat hingga menjelang berbuka, dibulan ini syaithan dibelenggu yang semua tidak bisa lepas seperti bulan lainnya, dan setiap hari dari bulan ramadhan Allah memperindah surga yang diperuntukkan bagi orang-orang yang berpuasa. Kemudian Allah berfirman “ para hambaku yang melakukan puasa  hampir menemukan hasil dan jerih payah hingga sampai kepada kamu (surga), dan pada malamnya Allah memberi ampunan, kemudian rasul ditanya apakah itu malam lailatul qodar ? beliau menjawab tidak, tetapi bagi orang yang beramal maka akan mendapatkan ketika sudah usai mengerjakannya . (fadhoil Romadhon : J1/h:12)

6. Beribadah pada malam harinya diampuni dosa-dosanya yang sudah terlewatkan . sebagaimana hadis nabi. : barang siapa yang beribadah dibulan ramadhan karena iman kepada Allah dan mengharapkan pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (shohih Bukhori : J1/h.65)

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keistimewaan. Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan barokah, bulan penuh rahmat dan ampunan Allah SWT. Karena itu jangan biarkan ramadhan berlalu tanpa bekas, dan jangan biarkan ramadhan meninggalkan kita tanpa manfaat.

اللّهمّ سلّمنى لر مضان و سلّم رمضان لى و سلّمه منّى متقبّلا

Sekian Kemuliaan Bulan Ramadhan yang dapat saya tuliskan, lebih kurangnya mohon maaf, karena saya hanyalah seorang manusia biasa, yang pastinya selalu melakukan kesalahan, artikel tentang "Kemulian Ramadhan" ini, saya ambil dari beberapa sumber terpecaya, semoga dapat menjadi motivasi bagi kita semua seluruh umat muslim yang ada di dunia, sehingga dapat memaknai Bulan Ramadhan, sebagai Bulan Yang dinanti - dinanti untuk seluruh Umat Muslim di seluruh dunia. (MP)

Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments