Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Thursday, May 11

Amalan Malam Nisfu Sya'ban


Amalan Malam Nisfu Sya'ban

Tentang Islam, infokyai.com - Amalan Malam Nisfu Sya'ban, banyak yang bertanya - tanya apakah ada amalam dalam menyambut Malam Nisfu Sya'ban, namun setelah infokyai tanya - tanya dari beberapa sumber, dan infokyai cari informasi mengenai Malam Nisfu Sya'ban, ternyata pada Malam Nisfu Sya'ban tidak ada pengkhususan dalam amalannya. 

Sering kali jika ada malam - malam penting kita sering salah pemahaman, bahwa ada amalan - amalan pada hari penting dalam Islam, namun saja kita harus teliti terlebih dahulu, dari mana sumbernya dan apakah hadist - hadistnya sesuai dan shahih, dan yang bisa infokyai berikan informasi mengenai Malam Nisfu Sya'ban yang infokyai dapatkan dari beberapa sumber dan juga dari situs dakwah islam yaitu rumahsyo.com sebagai berikut : 

Pada Malam Nisfu Sya'ban banyak yang melakukan perkumpulan dengan mengadakan shalat jama'ah atau membaca Yasin atau doa bersama, namun saja tidak ada penekanan amalan - amalan khususnya, hanya saja melakukan pertemuan untuk saling silaturahmi dan mengdakan perkumpulan - perkumpulan seperti malam hari biasanya, seperti shalat jama'ah dan yasinan serta doa bersama untuk saling mendapatkan keberkahan dalam suatu majlis. 

Karena Malam Nisfu Sya'ban tidak ada pengkhususannya, dalam dalilnya tidak ada, jadi jika ada yang mengatakan ada amalan Malam Nisfu Sya'ban, berarti dia mengada - adakanya, karena tidak ada dalil tentang amalan Malam Nisfu Sya'ban

Namun saja ada sebagian ulama yang menganjurkan untuk melakukan shalat Malam Nisfu Sya'ban, dengan dilakukan sendirian seperti halnya melakukan shalat malam seperti biasanya, 

Ibnu Rajab rahimahullah mengatakan, “Mengenai shalat malam di malam Nisfu Sya’ban, maka tidak ada satu pun dalil dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan juga para sahabatnya. Namun terdapat riwayat dari sekelompok tabi’in (para ulama negeri Syam) yang menghidupkan malam Nisfu Sya’ban dengan shalat.”

Ibnu Taimiyah ketika ditanya mengenai shalat Nisfu Sya’ban, beliau rahimahullah menjawab, “Jika seseorang shalat pada malam nisfu sya’ban sendiri atau di jama’ah yang khusus sebagaimana yang dilakukan oleh sebagian salaf, maka itu suatu hal yang baik. Adapun jika dilakukan dengan kumpul-kumpul di masjid untuk melakukan shalat dengan bilangan tertentu, seperti berkumpul dengan mengerjakan shalat 1000 raka’at, dengan membaca surat Al Ikhlas terus menerus sebanyak 1000 kali, ini jelas suatu perkara bid’ah, yang sama sekali tidak dianjurkan oleh para ulama.” (Majmu’ Al-Fatawa, 23: 131)

Ibnu Taimiyah juga mengatakan, “Adapun tentang keutamaan malam nisfu Sya’ban terdapat beberapa hadits dan atsar, juga ada nukilan dari beberapa ulama salaf bahwa mereka melaksanakan shalat pada malam tersebut. Jika seseorang melakukan shalat seorang diri ketika itu, maka ini telah ada contohnya di masa lalu dari beberapa ulama salaf. Inilah dijadikan sebagai pendukung sehingga tidak perlu diingkari.” (Majmu’ Al-Fatawa, 23: 132)

Namun Jika merujuk pada Hadist dibawah ini, Perbanyak Amalan Puasa di Bulan Sya’ban,
Kalau mau meraih kebaikan, bisa diraih dengan memperbanyak puasa sunnah di bulan Sya’ban. ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata,
فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلاَّ رَمَضَانَ ، وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِى شَعْبَانَ
“Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156)

Dan yang masih Mempunyai Utang Puasa Ramadhan Segera Lunasi
Bagi yang punya utang puasa Ramadhan, segeralah dilunasi karena bulan Sya’ban adalah bulan terakhir sebelum memasuki bulan Ramadhan.
Dari Abu Salamah, beliau mengatakan bahwa beliau mendengar ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan,
كَانَ يَكُونُ عَلَىَّ الصَّوْمُ مِنْ رَمَضَانَ ، فَمَا أَسْتَطِيعُ أَنْ أَقْضِىَ إِلاَّ فِى شَعْبَانَ
“Aku masih memiliki utang puasa Ramadhan. Aku tidaklah mampu mengqodho’nya kecuali di bulan Sya’ban.” Yahya (salah satu perowi hadits) mengatakan bahwa hal ini dilakukan ‘Aisyah karena beliau sibuk mengurus Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. (HR. Bukhari no. 1950 dan Muslim no. 1146)

Baca Juga Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban KLIK DISINI

Sekian yang dapat infokyai informasikan mengenai Malam Nisfu Sya'ban, bahwa sedikit referensi diatas bisa membantu anda dalam memberikan pengetahuan tentang seputar agama Islam, jangan lupa share / bagikan ke kawan - kawan anda akhi / ukhti (MP)

Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments