Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Loker PT Zona Plastik KLIK DISINI

Loker Gink Technology KLIK DISINI

Tuesday, April 18

Pengertian Resistensi


Pengertian Resistensi
Edukasi,  infokyai.com - Pengertian Resistensi ? sudah taukah anda tentang Arti Resistensi ? jika kalian belum mengetahui tentang arti Resistensi ? kali ini infokyai akan membahas tentang arti Resistensi, walau terdengar kata yang asing, tetapi Resistensi merupakan sala satu kata yang sering kali anda dengan jika anda sudah memasuki bangku kuliah.

Resistensi jika dalam bahasa Inggris, katanya berubah ternyata guys, jika biasa kita tahu kata Resistensi dalam Indonesia, tetapi jika bahasa inggris seperti ini yai "resistance, ternyata dari kata tersebut memiliki asal katanya yai, yang terbagi menjadi resist + ance,

Pengertian Resistensi terbagi dalam beberapa bidang - bidang, yang infokyai akan bahas di awal ini adalah Resistensi menunjukan sesuatu hal yang pada posisi sebuah sikap untuk seseorang berperilaku bertahan, berusaha melawan, menentang atau upaya oposisi pada umumnya sikap ini tidak berdasarkan atau merujuk pada paham yang jelas.

Dalam pengertian lainnya Resistensi adalah ketahanan atau daya tahan terhadapa sesuatu. Istilah resistensi banyak digunakan dalam berbagai bidang – bidang dan juga dalam berbagai disipilin ilmu.

Resitensi terbagi kedalam beberapa yang lebih luas yang dapat merujuk pada: Resistansi antibiotik: Resistansi terhadap antibiotik-antibiotik, Resistensi listrik (Inggris: ohmic resistance} pertentangan dari energi listrik. Resistensi organ kapasitas dari jaringan atau sel yang berusaha menahan dampak polutan, Resistensi psikiatri perasaan yang membuat tidak nyaman, Resistensi saham tingkat resistensi harga. Resistensi gerakan sebuah gerakan untuk menggulingkan kekuasaan, dengan melakukan sabotase, perang gerilya, dan lain-lain, Resistensi tanaman terhadap penyakit, sistem dalam organisme yang memberikan ketahanan terhadap penyakit/hama.

Dalam biologi, resistensi berarti daya tahan alami terhadap pengaruh buruk seperti racun dan kuman, resistensi juga merujuk kepada ketahanan suatu tanaman terhadap penyakit atau hama. Namun dalan ilmu Fisika, arti resistensi disebut sebagai hambatan, berarti kekampuan suatu benda untuk menahan arus listrik atau alatnya yang disebut dengan resistor.

Dalam ilmu medis, resistensi dikenal dengan sebutan resistensi antibiotic, pengertian resistensi antibiotic adalah kondisi dimana kuman dalam tubuh tidak lagi mempan dengan obat – obatan antibiotic tertentu. Pada saat antibiotic tidak mempan lagi pada pasien, sejumlah kuman akan mati, tetapi sejumlah kuman lainnya akan mengalami regrenasi pada gennya. Kuman yang mengalami regrenasi inilah yang akan tersu hidup dan bertahan dalam tubuh. Kuman ini lalu membelah dengan cepat dan membentuk sebuah koloni kuman yang mampu melawan antibiotic tersebut.

Resistensi ilmu pertanian, resistensi hama resistensi yang diartikan kekampuan atau kekebalan suatu tanaman terhadap hama tertentu tanpa perlu pestisida, seperti conotohnya variates padi yang kuat bertahawan melawan hama wereng.

Dari pengertian – pengertian resistensi diatas, resistensi terkahir adalah resistensi perubahan, resistensi yang artinya suatu keadaan dimana orang tidak akan siap untuk menghadapi suatu perubahan, salah satunya adalah seperti ketidaknyamanan pada suatu hal yang baru.

Michael Armstrong dalam bukunya “Armstrong’s Handbook Human Resource Management Pratice” menyeutkan sedikitany ada 8 (delapan) penyebab resistensi terhadap perubahan :
1. Keterkejutan akan sesuatu yang baru menyebabkan kecurigaan hal tersebut akan mengganggu aktifitas dan apa yang sudah melekat pada kebiasaan sehari – hari .
2. Ancaman terhadap status atau keterampilan
3. Ketidakpastian, perubahan mengkhawatirkan karena ketidakpastian mengenai kemungkinan dampaknya.
4. Ketakutan bersaing, keprihatinan tentang kemampuan untuk mengatasi tuntutan baru atau untuk memperoleh keterampilan baru.
5. Ketidaknyaman, perubahan akan membuat hidup lebih sulit
6. Ancaman bagi hubungan interpersonal – apa pun yang menganggu hubungan social, adat dan standar kelompok akan ditolak
7. Symbol ketakutan perubahan kecil dapat mempengaruhi hal yang mungkin lebih besar, terutama ketika orang tidak yakin tentang seberapa jauh perubahan akan terjadi.
8. Ketakutan ekonomi akan uang yang mungkin akan hilang, ancaman terhadap keamanan kerja.


Selain itu ada juga resistensi dalam sosiologi, pengertian resistensi dalam sosiologi adalah suatu perlawanan yang dilakukan secara terang – terangan ataupun diam – diam atas kebijakan maupun aktivitas yang dilakukan dalam suatu pihak di dalam masyarakat, contoh demo mahasiswa yang meminta kebijakan dikampusnya.

sumber - sumber referensi :
www.wikepedia.org
www.infokyai.com
Michael Armstrong dalam bukunya “Armstrong’s Handbook Human Resource Management Pratice”
Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments