Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Loker PT Zona Plastik KLIK DISINI

Loker Gink Technology KLIK DISINI

Saturday, July 1

Pengertian Religiusitas


Pengertian Religiusitas
Edukasi, infokyai.com - Pengertian Religiusitas, sudah kenalkah anda dengan kata Religiusitas ? apakah anda sudah familiar dengan kata ni Religiusitas ? jika belum mengetahuinya, infokyai akan mengulas lebih dalam tentang pengertian Religiusitas.

Religiusitas adalah istilah yang sering anda dengan jika anda sudah memasuki bangku kuliah, ada beberapa istilah yang menjelaskan bahwa relegiusitas berarti agama, dengan kata lain religi, religion (Inggris), religie (Belanda), religio/relegare (Latin), dan dien (Arab). Kata religion (Inggris) dan religie (Belanda) adalah berasal dari bahasa induk dari kedua bahasa tersebut, yaitu bahasa Latin “religio” dari akar kata “relegare” yang berarti mengikat (Kahmad, 2002).

Menurut Cierco (Ismail, 1997) mengatakan, Relegare adalah suatu aktifitas perbuatan dengan penuh penderitaan, contohnya seperti jenis laku peridabatan yang dikerjakan berulang - ulang dan tetap,

Menurut Kahmad (2002) Dalam bahasa arab agama dikenal sebagai kata Al Din dan Al Milah yang memiliki kandungan arti yang berbeda.Seperti Al Kadin mengandung berbagai arti, ia bisa berarti kerajaan (Al Mulk), Pelayanan (Al Khidmat), Kejayaan (Al Izz), Kehinaan (Al Dzull), Pemaksaan (Al Ikrah), Kebaijakn (Al Ihsan), Kebiasaan (Al Adat), Pengabdian (Al Ibadat), Kekuasaan dan Pemerintahan (Al-qahr wa al-sulthan), Tunduk dan Patuh (Al-tadzallul wa al-khudu),Taat (Al-tha’at), Penyeragan dan Mengeasakan Tuhan (Al-islam al-tauhid).

Dari makna - makna arti diatas kemudian muncullah sebutan dengan nama relegiusitas, meski dalam kata yang sama, namun relegiusitas dan religi memiliki arti yang jelas berbeda, jika relegi berkaitan dengan merujuk masalah masalah aspek yang berkaitan dengan aturan dan kewajiban, sedangkan relegiusitas merujuk kepada aspek - aspek religi yang telah hayati oleh indvidu di (Mangunwijaya, 1982).

Hawari (1996) menyebutkan bahwa religiusitas merupakan penghayatan keagamaan dan kedalaman kepercayaan yang diekspresikan dengan melakukan ibadah sehari-hari, berdoa, dan membaca kitab suci.

Dari definisi - definisi relegiusitas diatas, bisa kita ambil kesimpulannya, bahwa relegiusitas adalah suatu arti yang melambangakan keberagaman, yang didalamnya tecakup beberapa aspek - aspek religi di dalamnnya, keyakinan terhadap Yang Maha Kuasa diwujudukan dengan adanya peraturan yang dipatuhi dan menjauhi larangan dengan keikhlasan hati. (MP/jalurilmu)

Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments