Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Loker PT Zona Plastik KLIK DISINI

Loker Gink Technology KLIK DISINI

Saturday, April 22

Bahaya Tidur Setelah Sholat Shubuh Yang Perlu Anda Ketahui

Foto Net
Bahaya Tidur Setelah Sholat Shubuh Yang Perlu Anda Ketahui

Tentang Islam, Infokyai.com - Assalamualaikum Wr.Wb, kali ini  infokyai akan membahas mengenai Tidur, pertanyaaan ini disampaikan oleh sahabat muslim yang bernama "Putra" dengan pertanyaannya "Berdampak buruk atau tidaknya tidur setelah sholat shubuh ? 

Jawabannya :
Tidur adalah suatu gejala, yang sering kita temui bahkan melanda diri anda, jika sudah merasakan rasa lelah yang sangat teramat lelah, mau tidak mau rasa ngantuk tersebut menghampiri anda, tanpa disadari ternyata, walaupun tidur berdampak sehat, ada juga dampak buruk dari tidur, terutama setelah waktu sholat shubuh.

Begadang semalaman, dan sampai bertemunya wkatu shubuh, dan rasa ngantuk pun melanda sangat berat, dan ini adalah salah satu kondisi yang sangat diperlukan tubuh untuk beristirahat, karena semalaman tidak tidur, namun jika anda tidur pada saat setelah shubuh ternyata bukan membawa dampak positip malah negatif, kenapa ?  dibawah ini berikut penjelasannya :

Di Negara Indonesia, Matahari Terbit sekitar pukul 06.00 s.d 06.30 WIB, dianjurkan untuk anda yang malamnnya begadangan, jika mau tidur jangan setelah sholat shubuh karena mempunyai dampak yang buruk, dianjurkan jika ingin melanjutkan tidur, setelah matahari terbit, dikarenakan faktor - faktor berikut :

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah berkata,
ومن المكروه عندهم : النوم بين صلاة الصبح وطلوع الشمس فإنه وقت غنيمة ….حتى لو ساروا طول ليلهم لم يسمحوا بالقعود عن السير ذلك الوقت حتى تطلع الشمس

“Di antara yang tidak disukai adalah tidur antara shalat pagi dan ketika matahari terbit, karena  tidur pada waktu itu kurang baik…. sampai-sampai jika seseorang berjalan (safar) sepanjang malam, mereka tidak diizinkan untuk duduk (tidur dan istirahat) sampai terbit matahari.”

Beberapa ulama yang cukup sibuk melakukan seperti ini, mereka tidur sebentar setelah terbit matahari kemudian berangkat kerja dan mengajar, jadi bisa anda amati tulisan yang di hitamkan, bahwa tidur sebentar setelah terbit matahari, dan berikutnya adalah :

Godaan tidur setelah sholat shubuh, memang godaan paling luar biasa, apalagi jika moment waktunya shubuhnya, pada saat puasa, rasa ngantuk pasti sangat melanda pada diri anda, bagaimana cara merubah kebiasan tersebut ?
1.Carilah kegiatan yang bermanfaat setelah sholat shubuh seperti belajar, memasak, jalan - jalan, atau update status di social media boleh kok hehe, namun alangkah lebih baiknya membaca Al Qu'ran.

Jika dikaitkan dengan perkataan Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah berkata,
وَنَفْسُكَ إِنْ أَشْغَلَتْهَا بِالحَقِّ وَإِلاَّ اشْتَغَلَتْكَ بِالبَاطِلِ
“Jika dirimu tidak disibukkan dengan hal-hal yang baik, pasti akan disibukkan dengan hal-hal yang batil”

Mengkaitkan dengan Hadist Ibnu Qayyim Al Jauziyah, jika dirimu tidak disibukkan dengan hal - hal yang baik pasti akan disibukkan dengan hal - hal yang batil, dari hadist tersebut kita bisa menganalisa bahwa, walaupun banyak aktifitas yang dapat kita lakukan, coba perhatikan dengan baik, apakah aktifitas yang anda kerjakan sudah termasuk dengan yang baik atau batil, jangan sampai tertukar.

Jadi kesimpulannya bahwa tidur setelah sholat shubuh itu berdampak tidak baik, karena dalam anjuran Agama Islam dan beberapa ulama, menjelaskan tentang dasar hukumnnya adalah makruh (jika tidak ada udzur dan keperluan), selain itu juga, bahaya tidur setelah sholat shubuh berdampak kurang baik untuk pola kesehatan.

Waktu setelah sholat shubuh adalah waktu dimana banyaknya turunnya berkah dan rezeki, jika anda tidur maka tidak mendapatkan berkah dan rezeki tersebut berdasarkan hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa,

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

 “Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”

Dari Hadist Rasulullah dikaitkan dengan beberapa ulama, dan menjelaskan hukumnya adalah makruh. Urwah bin Zubair berkata,

كان الزبير ينهى بنيه عن التصبح ( وهو النّوم  في الصّباح )

“Zubair bin Awwam  melarang anaknya tidur setelah subuh.”

Memang jika berbicara soal Logika, dan hitungan Matematika, mungkin pembahasan tentang berkah terkadang tidak masuk logika dan hitungan matematika, mungkin banyak yang mengatakan  seperti ini “Saya sering tidur setelah subuh (bahkan kelewatan shalat subuh), tapi rezeki saya lancar”

Jika anda mengalami hal tersebut, anda bisa menjawabnya seperti ini :
Walaupun secara logika dan hitungan matematika rezekinya banyak, namun tetapi belum tentu berkah, belum tentu ia dapat merasakah Bahagia dan Qonaah dengan banyaknya rezeki yang ia dapatkan, bisa saja banyak rezeki yang ia dapatkan, dan banyak juga pengeluaran dari rezekinya yang tidak bermanfaat, seperti menghambur - menghamburkan uang dengan cara berfoya - foya, berbuat maksiat, membeli barang haram dan lainnya.

Dalam anjuran Islam, sebaiknya jangan tidur setelah subuh karena waktu itu juga turunya rezeki dan berkah. Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah berkata,

وَنَوْمُ الصُّبْحَةِ يَمْنَعُ الرِّزْقَ؛ لِأَنَّ ذَلِكَ وَقْتٌ تَطْلُبُ فِيهِ الْخَلِيقَةُ أَرْزَاقَهَا، وَهُوَ وَقْتُ قِسْمَةِ الْأَرْزَاقِ، فَنَوْمُهُ حِرْمَانٌ إِلَّا لِعَارِضٍ أَوْ ضَرُورَةٍ،

“Tidur setelah subuh mencegah rezeki, karena waktu subuh adalah waktu mahluk mencari rezeki mereka dan waktu dibagikannya rezeki. Tidur setelah subuh suatu hal yang dilarang [makruh] kecuali ada penyebab atau keperluan.”

Dan dalam ilmu medis, bahaya tidur setelah sholat shubuh adalah :
Secara ilmu kesehatan, dampak atau bahaya tidur setelah sholat shubuh itu kurang sehat, perlu diketahui bahwa, namanya pola kesehatan tidak dapat berjalan baik, dampak dari tidur setelah shubuh itu berdampak buruk, karena pada saat itu adalah waktu dimana tubuh memulai melakukan metabolisme dan pemanasan, jadi jika anda tertidur lagi, seperti ibarat kendaraan yang tidak melakukan pemanasa, maka ketika anda bangun kembali badan anda terasa lemas dan kurang bersamangat. (muslimafiyah.com/Islamberkomunikasi/MP)

Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments