Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Monday, March 6

HMI Cabang Kotabumi Kritisi Color Run Yang Tak Sesuai Budaya Lampung Utara


HMI Cabang Kotabumi Kritisi Color Run Yang Tak Sesuai Budaya Lampung Utara

Lampung Utara, infokyai.com - Pengaruh perkembangan zaman di era globalisasi saat ini tidak bisa lagi dihindari mengenai dampak pengaruh budaya asing yang secara perlahan - lahan masuk ke Negara Indonesia tanpa adanya penyaringan yang ketat. Senin (6/3/2017)

Kotabumi Lampung Utara merupakan Kabupaten tertua yang ada di Provinsi Lampung, sehingga adat istiadat dan tradisinya masih sangat kental melekat dimasyarakat Kotabumi Lampung Utara. Para pemuda – pemudi Lampung Utara memang tidak bisa dikatakan ketinggalan zaman, moderenisasi telah masuk kebenak para pemuda – pemudi setempat, namun kita sebagai pemuda – pemudi Lampung Utara harus dapat memilih mana moderenisasi yang rahmatanlil alamin ( bermanfaat ) dan
yang tidak bermanfaat.

Baru ini suatu fenomena aneh terjadi di Bumi Ragem Tunas Lampung dimana baner - baner iklan yang nampak aneh tersebar dibeberapa titik, pihak yudikatif dalam hal ini Polres Lampung Utara berencana menggelar acara "ColorRun" dengan berbagai macam daya tarik untuk meramaikan acara tersebut. Ade Andre Irawan (Kabid PPD) Bersama Ali Iqrom (Wasekum PPD) HMI Cabang Kotabumi sangat menyayangkan adanya penyelenggaraan acara "Color Run" tersebut dikarnakan beberapa aspek sebagai berikut :

Aspek Sejarah:
• Kultur Budaya Masyarakat Lampung Utara Sangat Kental Di Kalangan Masyarakat dan Seharusnya pihak Eksekutif, Yudikatif dan Legislatif bahu membahu bersama masyarakat Melestarikan Budaya Lampung Tersebut Di Banding Budaya Asing yang sangat tidak Bermanfaat.

• Pada dasarnya Color Run adalah budaya India yang diadopsi menjadi budaya Amerika. Setiap bulan Maret ribuan umat Hindu, terutama di India, merayakan Festival Holi. Tujuan utamanyaadalah menyambut dan merayakan awal musim semi. Umat Hindu berharap perayaan ini akan membawa berkah agar hasil panen baik dan tanah subur. Mereka percaya bahwa musim semi adalah saatnya untuk menikmati berbagai warna yang menggambarkan keceriaan dan pengharapan.Selain itu, perayaan Holi adalah waktu di mana masyarakat Hindu berdoa bersama pada para dewa untuk memohon kelancaran hidup selama setahun ke depan. Dipercayai juga bahwa bubuk warna-warni melambangkan penghapusan dosa. Sedangkan Kita Lampung Utara Mayoritas Umat Islam.

Aspek Kemanfaatan :
• Color Run Tidak Bermanfaat jika kita tinjau dari segi kebersihan dikarnakan setelah acara hanya menyisakan tambahan sampah-sampah & sisa sisa warna – warni tersebut , para pihak pihak kebersihanlah yang akan merasakan imbasnya akibat huvoria acara tersebut.

• Jika Color Run berdalih sebagai olahraga, kami memandang masih banyak olahraga lain yang dapat dilaksanakan. seharusnya pihak penyelenggara (Polres) lebih memilah olahraga yang bermanfaat atau menggali potensi pemuda– pemudi lampung utara.

• Color Run yang diselenggarakan pihak yudikatif (polres lampung utara) dengan moto Bebas Tanpa narkoba seharusnya harus lebih dikaji terelebih dahulu. Dimana acara ini di selenggarakan dengan bentuk hura-hura dan mencari kesenagan sesaat dengan di iringi musik dj dan berjoget ria yang pendekatan nya lebih kepada hal yang negatif, dan kami memandang dengan hal seperti ini akan berimplikasi terhadap seks bebas narkoba dan pornografi.

• Jika di tinjau Kebermanfaatan dalam segi agama kami merasa ini adalah keputusan yang keliru jika pihak penyelenggara (polres lampung utara) berdalih ini bermanfaat untuk masyarakat yang mana memberikan dorprise umroh untuk kemudian di undi pada saat selesai acara, ini adalah bentuk cara pikir yang salah di mana seharusnya mereka (polres lampung utara) sebagai kaum-kaum terdidik mengajarkan bentuk cara pikir yang benar, analoginya seperti ini sesuaikah ketika kita merampok bank lalu kemudian uangnya di pakai untuk bersedekah yang artinya tidak akan pernah di benarkan menggunakan cara yang salah untuk hasil yang di paksakan untuk kebermanfaatan apalagi dalam segi agama,Lalu apa yang paling mendorong kita untuk bangga untuk mengikuti Color Run Itu? Olahragakah? Kegiatan agama kah ? sehingga hasil dari kegiatan tersebut mendapatkan bonus umroh geratis !! atau kegiatan budaya kah ? atau hanya sekedar untuk beselfie dan dan berjoget ria lalu berpose memamerkan fose tubuh dan kemudian di pamer di sosial media !!! inilah yangnamanya pengaruh paham barat paham yang mendorong masyarakat untuk menjadi kaum-kaum sekuler dan mendorong kita untuk bangga mengikuti paham tersebut.

HMI Cabang Kotabumi
Aspek Tugas Dan Fungsi :
• Seharusnya Pihak Kepolisian Harus menjalankan tugas dan fungsinya sebagai manadi atur dalam UU RI Nomor 2 Tahum 2002 Bab III Pasal 15 Poin C “Mencegah dan menanggulangi tumbuhnya penyakit masyarakat” sebagai mana kita ketahui seharusnya kepolisian mencegah dan menanggulangi masyarakat dalam bentuk sosialisai yang lebih bermanfaat, bukan malah membuat suatu kegiatan yang memancing kejahatan di tingkat pemuda – pemudi ataupun masyarakat lampung utara dalam hal penyalah gunaan narkotika , seks bebas dan kriminalitas lainnya yang di akibatkan musik dj tersebut.

Tuntutan HMI Cabang Kotabumi :
• HMI Cabang Kotabumi Melalui Bidang Partisipasi Pembangunan daerah (PPD) Ade Andre Irawan dan Ali Iqrom Meminta dengan tegas kepada kapolres lampung utara untuk tidak menyelenggarakan kegiatan Color Run dengan alasan sebagaimana di atas.

• Merubah bentuk kegiatan yang lebih bermaanfaat dalam hal ini kegiatan yang benar benar menyentuh aspek Olahraga, Agama, Budaya yang nilai kebermanfaatanya jangka panjang dan bisa menggali potensi pemuda pemudi atau peningkatan sumber daya manusia,atau melestarikan adat budaya lampung yang kami anggap lebih bermanfaat untuk masyarakat lampung utara.

• Jika tuntutan ini tidak di indahkan oleh pihak penyeleggara (polresta lampung utara) maka HMI Cabang Kotabumi akan mengkonsolidasikan kepada semua unsur masyarakat lampung utara dalam hal ini OKP, ORMAS, Tokoh ADAT, dan element-element lainya yang berkaitan untuk membahas langkah selanjutnya untuk kemudian mencegah kegitan Color Run Tersebut. (kamal/makhedo/kyai)
Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments