Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di Gink Tech KLIK DISINI

Butuh Cepat di PT Syailendra KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Sabtu, Mei 26

Tari Cangget Agung Lampung, Pengertian dan Tujuan

Tari Lampung
Tari Cangget Agung Lampung, Pengertian dan Tujuan 

Lampung, infokyai.com - Tari Cangget Agung adalah salah satu tari khas budaya Lampung yang dimiliki oleh Provinsi Lampung, pada hakikatnya suku bangsa Daerah Lampung terbagi menjadi dua bagian yaitu suku adat Pesisir dan Pepadun.
Baca Juga :  Tradisi Tukhun Tinung dan Berbagi Teda https://goo.gl/p2ytAV
Masyarakat yang berada di sepanjang pesisir pantai selatan lampung itu disebut dengan sebatin / masyarakat pesisir, sedangkan pepadun adalah masyarakat yang berasal dari Skala Brak di Punggung Bukit Barisan (sebelah barat Lampung Utara), dan terus berkembang dan menyebar pemerataaanya ke Utara, Timur, dan Tengan Provinsi Lampung.

Pada Tarian Cangget Agung sama seperti tari sembah dan tari melinting, yang dipertunjukan untuk penghormatan tamu yang datang pada suatu acara, seperti acara adat, pernikahan, pemerintahan dan lain sebagainya, dalam menumbuhkan kesenian yang dimiliki oleh Lampung, semata - mata tarian menjadi suatu hiburan dan lambat laut akan menjadi jati diri yang melengkapi daerah Lampung seperti unsur kebudayaan yang dimiliki oleh Daerah Lampung.
Baca Juga :  Rumah Daswati, Bangunan Bersejarah bagi Provinsi Lampung https://goo.gl/8Jdwm1
Kekhususan tarian Cangget Agung merupakan tarian yang dikembangkan oleh masyarakat Lampung yaitu pada Masyarakat Pepadun, awal mula tarian cangget agung hanya semata - mata untuk hiburan dan seiring perkembangan jaman, tarian cangget merupakan budaya nenek moyang yang harus dipertahankan dan dilestarikan oleh rakyat Lampung, yang merupakan warisan budaya Lampung yang sudah terjadi sejak lampau. (rd)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...