Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Friday, July 28

Tips Cara Mudah Berkuliah di Luar Negeri

Pendidikan - Foto Ist
Tips Cara Mudah Berkuliah di Luar Negeri 

Pendidikan, infokyai.com - Perkembangan zaman yang saat ini kita hadapi adalah sebuah tantatangan yang menarik untuk dapat kita taklukan, ini merupakah salah satu ciri khas manusia modern yang harus dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman yang semakin maju dengan pola pikir kehidupanya.

Seiring hari demi hari berkembanganya zaman menjadi sebuah peperangan dalam pola pemikiran setiap manusia, seperti dalam ilmu pengetahuan, fashion, agama, dan lainnya, banyak pemikiran – pemikiran yang beradu argumen tentang pola pemikiran dirinya terhadap perkembangan jaman modern saat ini.

Belajar adalah suatu aktivitas penting yang diperlukan dan dipelajari dari jaman batu hingga jaman modern saat ini, dengan belajar seorang manusia dapat berpikir membuat sebuah gagasan – gagasan baru, seperti halnya dalam perkembangan teknologi yang saat ini sudah kita rasakan adalah hasil dari sebuah pemikiran – pemikiran orang – orang terdahulu.

Manusia modern adalah manusia yang mengikuti perkembangan jaman, bukan manusia yang tertinggal dari perkembangan jaman, seperti halnya dalam dunia pendidikan, dahulu pada era tahun 1900an, pendidikan jika sudah menempuh tingkat SD (Sekolah Dasar) itu sudah baik, dikarenakan sudah bisa baca tulis.

Tetapi di era tahun 2000an, pendidikan mengalami perkembangan yang cepat, yang harus ditempuh untuk anda dapat mengikuti perkembangan jaman adalah jenjang pendidikan S1 (Strata Satu), S2 (Strata Dua), S3 (Strata Tiga), s.d Profesor dikarenakan tuntutan perkembangan jaman anda harus dituntut untuk lebih maju, bukan hanya untuk baca tulis saja, tetapi anda harus berpikir secara kreatif pada jaman modern saat ini.

Belajar di luar negeri ?ini merupakan impian besar pelajar - pelajar SMA (Sekolah Menengah Atas), kuliah di luar negeri itu bagus, tapi banyak faktor kendala yang membuat seorang menjadi tidak percaya diri untuk kuliah diluar negeri, mereka berpikir kuliah di luar negeri merupakan hal yang sulit, terutama pada masalah uang kuliah dan biaya hidup yang tinggi, namun apakah mimpi ingin kuliah di luar negeri ? tidak !semua bisa terwujud !keinginan kuliah di luar negeri bisa mudah anda wujudkan dengan beberapa tips – tips dibawah ini :

1.    Program Beasiswa Prestasi
Beasiswa adalah salah satu program pendidikan gratis yang diberikan untuk pelajar – pelajar yang berprestasi yang biasa diprogramkan oleh Pemerintah, Universitas, Lembaga, Perusahaan dan sebagainya.

Masih mimpi untuk kuliah di luar negeri ? katakan tidak !jika anda adalah seorang pelajar berprestasi jangan ragu untuk anda mendaftar program – program beasiswa ke luar negeri yang disedikan oleh pihak – pihak yang memprogramkan beasiswa ke luar negeri, seperti beasiswa DIKTI yang di programkan oleh Pemerintah Indonesia, ini adalah salah satu beasiswa yang paling banyak di ikuti Warga Negara Indonesia yang ingin kuliah di luar negeri, dari beasiswa DIKTI anda sudah mendapatkan fasilitas Transport pulang balik, biaya uang kuliah, dan biaya hidup selama anda berkuliah di luar negeri.

Jika anda tertarik kuliah di luar negeri ?dapatkanlah beasiswa DIKTI dengan anda sering mengecek website resmi DIKTI dan kedutaan negara tersebut, untuk hal – hal persyaratan beasiswa sudah tertera dalam informasi websitenya.

Selain beasiswa Pemerintah, masih banyak kok, beasiswa lainnya yang memprogramkan beasiswa untuk kuliah di luar negeri, seperti beasiswa Universitas adalah beasiswa yang diberikan oleh pihak universitas terhadap pelajar yang ingin berkuliah di Universitas tersebut, beda dengan beasiswa Pemerintah, jika beasiswa Universitas anda perlu modal seperti membeli tiket, membayar uang pendaftaran untuk pengumpulan berkas anda ke Universitas tersebut.

Selanjutnya adalah beasiswa perusahaan yang diberikan oleh perusahaan yang memprogramkan beasiswa pendidikan kuliah di luar negeri, salah satu perusahaan besar yang biasa memprogramkan beasiswa kuliah di lua negeri adalah perusahaan Djarum.

2.    Program Beasiswa Kebudayaan / Olahraga
Anda ingin kuliah di luar negeri ?tapi anda tidak memiliki sejumlah prestasi yang baik dibidang akademis, so !? apakah anda bisa kuliah di luar negeri ?bisa !anda tetap bisa berkuliah di luar negeri dengan cara beasiswa kebudayaan / olaharga, walau anda tidak pintar dalam akademik, namun anda mempunyai bakat khusus dibidang kebudayaan / olahraga anda dapat mewujudkan impian anda untuk berkuliah di luar negeri, beberapa negara luar negeri seperti Australia, Eropa, Amerika dan lainnya, sering membuka program beasiswa kebudayaan / olahraga, dikarenakan negara tersebut sangat memberikan nilai lebih pada bakat – bakat seseorang yang mempunyai keahlian khusus dibidang seni dan olahraga.

3.      Program Pertukaran Pelajar
Pertukaran pelajar adalah salah satu jalan mudah jika anda ingin merasakan kuliah diluar negeri, walau hanya sebatas beberapa bulan kuliah di luar negeri, tetapi anda sudah dapat meraskaan pengalaman kuliah di luar negeri, namun jika anda ingin mendapatkan program pertukaran pelajar kuliah di luar negeri, tentu anda harus menjadi pelajar yang berprestasi di sekolah atau kampus anda.

Anda tidak beprestasi dibidang akademik ?tapi anda aktif organisasi dan memiliki sejumlah prestasi dibidang organisasi ?tentu saja ada beberapa pertimbangan dan anda bisa bisa mendapatkan program pertukaran pelajar untuk kuliah di luar negeri.

4.      Program Peminjaman Uang Kuliah (Student Loan Program)
Di Negara Singapura tepatnya di Universitas NTU dan NUS, banyak Warga Negara Indonesia yang mengambil program peminjaman uang kuliah (Student Loan Program), program ini merupakan program yang memberikan kesempatan untuk kuliah di Universitas tersebut dengan cara meminjamkan sejumlah uang, tentunya uang tersebut untuk nantinya akan dibayarkan oleh mahasiswa tersebut setelah ia lulus dari Universitas tersebut dan mendapatkan pekerjaan.

5.    Program Summer Course
Summer Course adalah salah satu program yang diberikan oleh pemerintah ataupun pihak swasta untuk kelas musim panas, yang diberikan untuk mahasiswa asing yang ingin mempunyai pengalaman tinggal di negara tersebut, tetapi pada program summer course anda tidak akan mendapatkan gelar, namun hanya sebuah sertifikat atas keikutsertaan program summer course di negara tersebut.

6.    Program Volunteer
Volunteer adalah program menjadi sukarelawan, ini merupakan salah satu langkah untuk anda dapat merasakan kuliah di luar negeri, dan nantinya anda akan berkuliah di luar negeri dengan melakukan kegiatan sosial mengajarkan anak – anak negara tersebut, melakukan penyuluhan masyarakat serta melakukan penilitian terkait negara tersebut.

Mungkin pada program volunteer anda harus memerlukan modal, seperti transport, dan biaya hidup selama anda berada di negara tersebut, hal yang anda dapatkan dalam program volunteer adalah anda akan mendapatkan sertifikat.

7.   Program Beasiswa Riset
Riset adalah program beasiswa yang diajukan oleh lulusan S2 (Strata Dua) yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan S3 (Strata Tiga), pada beasiswa riset anda dapat berpeluang kuliah di luar negeri dengan menyertakan proposal riset serta anda harus mempunyai kemampuan bahasa yang memadahi.


Sekian yang dapat infokyai.com tuliskan, jika terdapat kesalahan infokyai.com mohon maaf, dan harap diberitahukan kesalahan infokyai.com melalui kawannongkrong@gmail.com agar cepat direvisi, terima kasih.
Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments