Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Lowongan Kerja Gink Tech KLIK DISINI

Thursday, July 6

Peluang Sukses, Beternak Ikan Hias Dalam Persaingan Usaha di Era Modern Saat Ini


Foto Penangkaran Ikan
Peluang Sukses, Beternak Ikan Hias Dalam Persaingan Usaha di Era Modern Saat Ini
Bandar Lampung, Infokyai.com - Awal mula mencoba - coba dari hobi pada waktu masa Sekolah Menengah Atas (SMA), lambat laun hobi tersebut berubah, dan kini menjadi pundi - pundi uang yang dapat saya dapatkan setiap hari "Papar Ferdi (22)

Foto Ferdi
Pernah terlintas dalam pikiran bahwa beternak ikan hias adalah hal yang sepele dikarenakan hasil yang didapatkan hanya sangat sedikit sekali keuntungannnya, contoh saja dari Ikan Hias Jenis Cupang, harganya hanya Rp.3.000 - 8.000, dan yang bisa kita nikmati dari keuntungan tersebut hanya sedikit.
Ikan Cupang
Tapi dari hasil keuntungan yang sedikit tersebut, tak membuat saya putus asa untuk menghasilkan uang dari beternak ikan hias, sedikit demi sedikit keuntungan yang saya dapatkan, saya kumpulkan receh demi receh yang saya dapatkan dari hasil saya berjualan keliling dari satu sekolah ke sekolah lain.
Foto : Ikan Cupang
Target saya dalam penjualan ikan hias adalah sekolah dasar dan taman kanak - kanak, dan alhamdulillah sedikit demi sedikit hasilnya bisa membantu perekonomian hidup saya "Ucap Ferdi

Foto Kolam Penangkaran Ikan
Dari analisa bisnis saya, alhamdulillah saya mendapatkan hasil keuangan yang cukup untuk membantu keluarga saya, dari hasil yang saya dapatkan bisa setengahnya saya investasikan untuk membangun bisnis peternakan ikan hias.

Foto Kolam Penangkaran Ikan
Awal mula mau berinvestasi ke Ternak Ikan Hias, sempat saya takut gagal dalam bisnis tersebut, tetapi dengan tekad saya kuatkan kembali prinsip saya untuk terus melanjutkan usaha ternak ikan hias saya, dan dari hasil nekad saya, sedikit demi sedikit meraup keuntungan serta saya banyak mendapatkan konsumen - konsumen baru, bahkan bukan hanya anak sekolah dasar dan taman kanak - kanak saja, yang menjadi pangsa pasar saya, tetapi saya alhamdulillah mendapatkan pangsa kios - kios ikan ikan hias di sekitar Kota Bandar Lampung.
Foto Kolam Penangkaran Ikan
Keuntungan demi keuntungan saya dapatkan, dari keuntungan yang sedikit tersebut saya putar kembali dan putar kembali, sempat sih merasakan gagal dalam berbisnis ikan hias, hampir saya putus asa pada saat kritis tersebut, tetapi hal tersebut tidak membuat saya putus asa dalam menjalankan bisnis ternak ikan hias saya.
Foto Ikan Hias
Dari keadaan yang buruk akhirnya saya bisa berkembang menjadi lebih maju, dengan membuat kolam seadanya dengan menggunakan plastik sampah, dikarenakan untuk membuat kolam dengan semen saya belum mempunyai dana, dengan uang seadanya saya berpikiri kritis, dan alhamdulillah dengan kolam ikan seadanya, hasil - hasil ternak - ternak ikan hias saya mulai berkembang dan terus berkembang.

Foto Ikan Hias
Dari perkembangan ikan hias yang makin hari makin banyak, membuatkan saya kebingunan dalam hal pakan ikan hias, dan hal tersebut membuat saya hampir putus asa, dalam bisnis ternak ikan hias, akan tetapi dari permasalahan tersebut, saya mendapatkan gagasan ide baru.
Foto Kutu Air
Pada saat lagi ngampas ikan - ikan ke sekolah - sekolah, dan tidak sengaja saya berhenti sejenak untuk melihat selokan, dan ternyata dari selokan tersebut membuat peluang baru usaha saya, walaupun terasa menjijikan tetapi inilah peluang sukses untuk saya dapat mengembangkan ternak ikan hias saya untuk dapat lebih maju.
Foto : Cacing Sutra
Pakan ikan hias, jika ingin ikan hias tersebut tumbuh berkembang dengan baik, maka diperlukan pakanan ikan yang berkualitas juga, dan salah satu pakan ikan hias yang berkualitas adalah cacing sutra, merupakan pakan yang baik untuk pertumbuhan ikan hias, tetapi kendalanya adalah harga pakan cacing sutra cukup mahal yaitu pergelas mencapai Rp. 15.000 - 25.000 / gelas, dari sinilah saya mulai putus asa, tetapi dari hasil pengamatan yang saya lihat diselokan, akhirnya saya mendapatkan potensi bisnis baru untuk mensukseskan ikan hias saya, serta untuk menuntaskan masalah pakan ikan hias saya.

Foto : Azola Makanan Ikan Hias
Cacing sutra sedikit demi sedikit saya dapatkan dari hasil pencarian diselokan, dan tidak disangka hasil yang didapatkan dari cacing sutra cukup memuaskan juga, saya bisa mendongkrak bisnis ikan hias saya sehingga lebih maju, lumayan juga sih bisnis cacing sutra, walaupun perjuangan mencarinya sulit, tetapi hasil yang didapatkan lumayan juga hehe, dan saya juga menjual cacing sutra jauh lebih murah dari pasaran sekitar Rp. 8.000 - 15.000 / gelas, tergantung jika saya sedang dapat banyak cacing bisa saya jual murah, tetapi jika tidak dapat banyak, harga cacing tersebut bisa saya jual bersaing dengan pasaran.


Foto : penangkaran ikan hias
Dari lahan yang sewa di Jalan Soekarno Hatta Gg Pidada 1 Panjang Bandar Lampung dengan luas 130 m2, awal mula saya merintis ternak ikan hias, dan seiring dari perjuangan saya berkeliling - keliling kesekolah - sekolah, alhamdulillah saya bisa mendapatkan keuntungan dan bisa menyewa lahan yang cukup besar untuk saat ini dengan luas 800 m2 sudah beserta rumahnya, dengan alamat di Jalan Ratu Dibalau Perumdam II Gg Yunus 3 No.9 Tanjung Senang Kota Bandar Lampung. Kamis, (17/11/2016)

Foto Penangkaran ikan hias
Untuk saat ini saya sudah membudidayakan ikan - ikan berjenis Cupang, guppy, molly, platy, mas koki, manfish, zebra danio, paradise..dll, semua budidaya ikan hias ini, saya sendiri yang mengolahnya, saya belum mempekerjakan pegawai, tetapi pada saat hari Sabtu dan Minggu saja, jika ada perlu untuk menguras kolam saya baru memerlukan pegawai dengan gaji harian.

Foto : Pengangkaran ikan hias
Senang dan sedih saya rasakan dalam merintis bisnis ikan hias ini, awal mula memang saya hobi dengan ikan hias waktu masa SMA, dan cenderung saya tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, bahkan saya lebih memilih fokus mengurusi hobi saya dalam beternak ikan hias, karena pemikiran saya lebih enak usaha, waktu banyak dipergunakan dalam berkreasi dan berinovasi.

Foto : Begawi Karier
Kita sebagai manusia, hanya bisa terus berusaha untuk mencapai apa yang kita inginkan, perjuangan demi perjuangan telah saya alami, pahit manis telah saya rasakan, dan alhamdulillah dalam mengikuti Event Begawi Karier 2016, saya bisa mendapatkan penghargaan juara, dengan kategori Business Canvas Model, yang diberikan oleh pihak UPT Pengembangan Karier dan Kewirausahaan Universitas Lampung.

Penghargaan Juara di Event Begawi Karier 2016
Walaupun usaha yang saya jalani sudah berjalan dengan baik, saya pun tak lupa untuk dapat terus maju dalam dunia pendidikan, di tahun ini saya alhamdulillah sudah berkuliah di Universitas Lampung Program Studi PENJASKESREK, dan perlu diingatkan teruslah berkarya itu bagus, tapi jangan lupa dengan pendidikan anda itu jauh lebih penting untuk bersaing di era modern saat ini. "Papar Ferdi  

Foto Bersama pemenang dan panitia Event Begawi Karier 2016

Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments