Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Wednesday, June 14

Perangi Hawa Nafsu Adalah Jihad Yang Paling Diwajibkan !

Melawan Nafsu - Foto Ist
Perangi Hawa Nafsu Adalah Jihad Yang Paling Diwajibkan !

Infokyai.com - Assalamu'alaikum Wr.Wb. Pada kesempatan kali ini kami tim Infokyai ingin membahas mengenai JAHATNYA NAFSU. Saudara muslimin dan muslimah, kita diciptakan sebagai manusia tidak bisa lepas terhadap yang namanya NAFSU.

Manusia diciptakan Allah swt diberi dua anugrah sekaligus yang tidak diperoleh mahluk Allah lainnya yaitu akal dan nafsu. Dua anugrah itulah yang menjadikan manusia mahluk yang cerdas lagi kreatif dan berambisi untuk mencapai keinginannya.

Karena itulah manusia diberi kedudukan lebih tinggi dibandingkan dengan mahluk Allah yang lainnya. Selain manusia mahluk Allah swt yang diberi nafsu adalah binatang. Berbicara mengenai NAFSU, Sahabat Infokyai pasti tahu kan apa itu nafsu? Nafsu adalah semua tindakan yang didorong oleh keinginan yang ada didalam diri mahluk hidup guna memenuhi kebutuhannya ataupun suatu tindakan yang muncul karena ide-ide.

Kata "NAFSU" disini tidak hanya di artikan sebagai prilaku negatif melainkan juga mencangkup prilaku yang positif. Dengan adanya nafsu, manusia lebih semangat dalam bekerja dan melakukan aktifitas sehari-hari. Dengan nafsu pula manusia mempunyai "ambisi" untuk mencapai keinginannya supaya dapat terwujud. Dalam keinginan manusia itu ada yang besifat positif dan ada pula yang bersifat negatif.

Contoh keinginan/tindakan negatif yaitu ; korupsi, mencuri, hanya menginginkan cabatan dan masih banyak lagi. Adapun contoh keinginan/tindakan positif yaitu ; makan, minum, belajar, menggapai cita-cita dan masih banyak lagi. Kebanyakan manusia zaman sekarang mempunyai ambisi yang kuat, sehingga mereka rela melalukan apapun meskipun melanggar aturan-aturan dan larangan Allah swt. Astaqfirullah Iblis ataupun syaitan pada awal mulanya diciptakan Allah swt mempunyai karakter yang sangat taat dan tekun beribadah. Setelah Allah swt menciptakan satu mahluk lagi yaitu diberi nama manusia, sang iblis pun bertingkah sombong.

Dia tidak mau menghormati manusia tersebut yang bernama Adam, sehingga Allah swt mengutuk iblis untuk keluar dari syurga-NYA Allah swt. Ketika mendegar itu, sang Iblis langsung menjadi mahluk yang menetang tehadap semua perintah Allah swt dan iblis pun berjanji akan selalu menggoda manusia kearah maksiat dan penuh dengan dosa-dosa hingga pada akhir zaman kelak.

Astaqfirullah Iblis dan syaitan bisa menguasai kita semua bila kita lalai dan terlalu mencintai kehidupan dunia. Yang perlu sahabat Infokyai ketahui bahwa, sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah sementara sedangkan kehidupan akhirat untuk selama-lamanya. Banyak diantara kita lebih mencintai dunia sehingga tujuan kita yang sebenarnya yaitu kehidupan akhirat menjadi terabaikan.

Maka dari itu, mari kita bersama-sama saling mengingatkan satu sama lain supaya tidak terjerumus dalam dosa-dosa yang disebabkan atas nafsu negatif yang berasal dari iblis dan syaitan. Amin Nafsu adalah sumber segala bencana dan sumber malapetaka. Rosulullah saw... telah menegaskan bahwa, jihat yang paling berat adalah jihat melawan hawa nafsu(nafsu negatif).

Sahabat Infokyai tahu kan kenapa disini di katakan "berat". Karena jihat melawan nafsu terjadi secara terus menerus sampai akhir hayat kita. Sedangkan jihat melawan orang kafir terjadi hanya pada waktu-waktu tertentu saja. Orang yang berperang/jihat dalam menghadapi musuh-musuhnya bisa nampak nyata(kelihatan), sedangkan berperang/jihat melawan hawa nafsu sama sekali tidak nampak nyata(kelihatan) karena sesungguhnya musuh kita adalah iblis dan syaitan.

Dalam firman Allah swt yang terdapat dalam Al-Qur'an surah An-naziat ayat 37-41 yang berbunyi sebagai berikut ;
 فَأَمَّا مَن طَغَىٰ ﴿٣٧ وَءَاثَرَ ٱلْحَيَوٰةَ ٱلدُّنْيَا ﴿٣٨﴾ فَإِنَّ ٱلْجَحِيمَ هِىَ ٱلْمَأْوَىٰ ﴿٣٩﴾ وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِۦ وَنَهَى ٱلنَّفْسَ عَنِ ٱلْهَوَىٰ ﴿٤٠﴾ فَإِنَّ ٱلْجَنَّةَ هِىَ ٱلْمَأْوَىٰ ﴿٤١﴾
 Artinya ; (37).Maka adapun orang yang melampaui batas. (38) Dan lebih mengutamakan kehidupan dunia. (39) Maka sungguh, nerakalah tempat tinggalnya. (40) Ada adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari (keinginan) hawa nafsunya. (41) Maka sesungguhnya surgalah tempat tinggalnya. Dari ayat-ayat diatas Allah swt memberi pesan kepada kita semua bahwa;

1. Pesan yang pertama, jika seseorang melampui batas dan lebih mengutamakan kehidupan dunia maka neraka adalah tempat tinggalnya. Astaqfirullah

2. Pesan yang kedua, bahwa ada pula orang-orang yang takut atas kebesaran Allah swt dan menahan hawa nafsunya maka sesungguhnya tempat mereka adalah syurga. Masya Allah. Semoga Sahabat Infokyai termasuk dalam golongan ini dan mendapatkan tempat di syurga-NYA Allah swt. Amin Dari pesan-pesan yang Allah sampaikan melalui Al-Qur'an yang terdapat dalam surah An-Naziat ayat 37-41kepada kita, semoga menjadi pengingat bahwa kita agar selalu mengingat atas kebesaran Allah dan takut atas dosa-dosa yang telah kita lakukan. Dan semoga kita menjadi hamba-NYA yang selalu mendapat petunjuk dan pertolongan dari-NYA. Amin Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga membawa manfaat untuk kita semua. Akhir kata Wassalamua'laikum Wr.Wb (FMP/TM)
Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments