Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Loading...

Wednesday, July 19

Manfaat Shalat Berjam'ah Melancarkan Jalan Menuju Surga

Sholat Berjamaah di Masjidil Haram - Foto Ist
Manfaat Shalat Berjam'ah Melancarkan Jalan Menuju Surga

Tentang Islam, Infokyai.com - Assalamu'alaikum Wr.Wb Sahabat infokyai, sebelum kita membahas pada materi utama alahkah baiknya kita bersama-sama membaca lafaz "Alhamdulillahi robbil ngalamin". Ucapan lafaz ini merupakan bentuk syukur kita kepada Allah swt yang masih memberi kita banyak kenikmatan-kenikmatan yang berupa kesehatan jasmani maupun rohani, sehingga sahabat infokyai dapat membaca artikel ini.

Sahabat infokyai, kali ini kita akan bahas materinya mengenai "Shalat berjama'ah". Dan apakah sahabat infokyai tahu apa itu berjama'ah? Berjama'ah adalah sebuah kata yang menunjukkan pada sesuatu yang dilakukan bersama-sama dengan cara yang sama dan dipimpin oleh satu orang/imam.

Pada umumnya, masyarakat umum atau masyarakat muslim khususnya ketika mendengar kata berjama'ah, mereka langsung berfikir tertuju pada sholat. Ini dikarenakan kata "berjama'ah" awalnya muncul sejak zaman Nabi Muhammad Saw. yang mengajarkan kita bahwa sangat dianjurkan untuk melaksanakan sholat berjama'ah.

Dalam kitab suci Al-Qur'an terdapat perintah untuk berjama'ah yang terdapat pada surah "Ali Imron ayat 103" yang tertulis sebagai berikut ; وَٱعْتَصِمُوا۟ بِحَبْلِ ٱللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا۟ ۚ وَٱذْكُرُوا۟ نِعْمَتَ ٱللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنتُمْ أَعْدَآءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِۦٓ إِخْوَٰنًا وَكُنتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ ٱلنَّارِ فَأَنقَذَكُم مِّنْهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ ٱللَّهُ لَكُمْ ءَايَٰتِهِۦ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ ﴿١٠٣﴾ Artinya;
"Dan berpegangteguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara, sedangkan (ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah, Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk." (Q.S.3:103)
Dari ayat di atas memberi pesan kepada kita bahwa kita di perintahkan untuk tetap berpegang teguh pada tali (Agama) Allah dan kita dilarang untuk bercerai-berai atau sendiri-sendiri. Selain ayat diatas terdapat sebuah riwayat yang mengatakan
"Barang siapa yang ingin berada ditengah-tengah surga, maka tetaplah didalam jama'ah (HR. Tirmidzi). MasyaAllah, kuasa Allah swt yang banyak memberikan kita petunjuk baik dari sebuah kita suci Al-Qur'an, hadits Nabi, maupun perantara yang lainnya.

Dari ayat dan hadits diatas kita diberi pesan untuk melaksanakan sholat berjama'ah. Karena itu mari kita budayakan sholat berjama'ah. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk dan hidayah dari Allah swt. Amin. Demikian pembahasan kita kali ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua, akhir kata dari kami Wassalamua'laikum Wr.Wb (FMP/TM)




Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments