Breaking News

Khasiat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan

Foto Ist
Khasiat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan 

Kesehatan, Infokyai.com - Jambu biji? Siapa sih yang gak kenal dengan buah yang satu ini? Sahabat infokyai pastinya sudah tahukan dengan buah yang satu ini. Buah ini sering disebut juga dengan jambu klutuk, jambu batu dan jambu siki. Jambu biji (Psidium guajava) adalah tanaman yang hidup di iklim tropis yang berasal dari negara Brazil yang tersebar di negara Indonesia melalui negara Thailand.

Baca Juga :
Cara Menenangkan Pikiran Saat Ada Masalah https://goo.gl/xyQqLH
Tips Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan https://goo.gl/Smk2pc
Sering Minum Es Bikin Batuk, Benarkah ? https://goo.gl/fPpi4i

Tanaman ini dalam pembudidayaannya, sekarang banyak menggunakan metode vegetatif (buatan/hasil rekayasa) contohnya ; pemisahan anakan(tillering), penyetekan, merundukkan, menyangkok dan menyambung. Dari cara-cara diatas yang paling efektif untuk memperbanyak tanaman jambu biji ini adalah dengan cara mencangkok, cara ini dipilih karena tanaman jambu biji mempunyai batang yang keras dan kaku. Nah, kalau sahabat infokyai ingin menanam tanaman ini lebih baik dengan cara mencangkok, keunggulan dengan cara mencangkok adalah tanaman akan sama dengan indukannya dan tanaman bisa cepat berbuah.

Adapun ciri-ciri buah jambu biji yaitu; buahnya bulat sedikit lonjong, berwarna hijau dan akan berwarna kekuningan apabila buah telah matang, danging buah jambu biji berwarna merah dan ada juga yang berwarna putih. Buah ini memiliki rasa manis dan sedikit asam. Jambu biji diketahui mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Adapun kandungan yang terdapat dalam buah jambu biji yang perlu sahabat infokyai ketahui yaitu ; Vitamin A, Vitamin A yang terdapat pada buah jambu biji sangat berperan penting untuk menjaga selaput lendir yang sehat. Kulitfolat Bagus bagi wanita hamil karena kulitfolat dapat mencegah cacat tabung saraf. lycopene, Lycopene yang ada pada jambu biji merah muda berfungsi untuk melindungi kulit terhadap sinar UV dan membantu mencegah kanker. Kalium Kandungan kalium yang terdapat pada jambu biji sama seperti yang ada pada buah pisang. Kalium sangatlah penting terhadap denyut jantung yang baik, serta regulator tekanan darah. Manfaat buah dan daun pada jambu biji bagi kesehatan tubuh

Pertama, mencegah sakit jantung. Jambu biji sangat kaya akan serat dan hipoglikemik yang efektif membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan memicu kerja jantung lebih baik sehingga mencegah timbulnya gejala penyakit jantung.

Kedua, Mencegah penyakit diabetes. Tingginya kandungan serat dalam jambu biji juga dapat membantu mengatur penyerapan gula oleh tubuh, sehingga memungkinkan untuk menurunkan insulin dan glukosa dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa, mengkonsumsi jambu biji setiap harinya dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe-2. Nah, untuk sahabat infokyai yang mempunyai penyakit diabetes dan ingin bisa cepet sembuh, buah jambu biji pun bisa menjadi pilihannya.

Ketiga, manfaat lainnya yang terdapat pada jambu biji yaitu sebagai obat alami untuk sakit demam dan batuk-batuk. Jus jambu dan rebusan daun jambu dapat memberikan manfaat yaitu mengurangi lendir saat batuk. Adapun cara membuat ramuannya ; ambil 4 lembar daun jambu biji yang masih muda kemudian cuci dengan air besih, setelah selesai rebus dengan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih. Setelah mendidih dinginkan sebentar, lalu Andapun dapat menikmatinya.



Baca Juga :
Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan https://goo.gl/qmaFBy

Bahaya Makan Mie Instan Bagi Kesehatan https://goo.gl/2cTTZr
Manfaat Madu Bagi Kesehatan https://goo.gl/TgwWKH

Manfaat yang keempat, yaitu dapat mengoptimalkan penglihatan. Selain banyak vitamin C, buah jambu biji juga kaya akan vitamin A seperti halnya yang terdapat pada wortel. Jambu biji juga diketahui sebagai booster kesehatan bagi penglihatan. Hal ini dapat membantu memperlambat munculnya katarak pada mata, degenerasi makula, dan kesehatan umum lainnya pada penglihatan mata. Nah, sahabat infokyai pasti ingin mempunyai mata yang sehat bukan? Buah jambu biji pun bisa menjadi pilihannya. Cukup mengkonsumsi 3 buah jambu biji setiap harinya sudah dapat menjaga kesehatan tubuh Anda. Demikian informasi yang dapat kami berikan semoga bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba (FMP/TM)

Sumber :
Jambu biji - Wikipedia
manfaat.co.id/manfaat-jambu-biji
© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung