Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Sabtu, Agustus 12

Waktu Pelaksanaan Shalat Fardhu Di Rumah Untuk Wanita

Foto : Wanita Sholat - insantv.com
Waktu Pelaksanaan Shalat Fardhu Di Rumah Untuk Wanita
Tentang Islam, Infokyai.com - Asslmualaikum wr wb, Banyak wanita yang bertanya - tanya kapan waktunya wanita bisa melaksanakan shalat fardhu dirumah, apakah pelaksanaanya sebelum qomat, atau pada waktu adzan, banyak kasus - kasus tersebut yang dipertanyakan oleh banyak wanita, menurut survei infokyai.


Ketahuilah bahwa shalat wanita yang terbaik adalah ia melaksanakan shalat di rumahnya, hal tersebut berdasarkan patokan hadits dari :

صَلاَةُ الْمَرْأَةِ فِى بَيْتِهَا أَفْضَلُ مِنْ صَلاَتِهَا فِى حُجْرَتِهَا وَصَلاَتُهَا فِى مَخْدَعِهَا أَفْضَلُ مِنْ صَلاَتِهَا فِى بَيْتِهَا
Shalat seorang wanita di rumahnya lebih utama baginya daripada shalatnya di pintu-pintu rumahnya, dan shalat seorang wanita di ruang kecil khusus untuknya lebih utama baginya daripada di bagian lain di rumahnya” (HR. Abu Daud no. 570. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).


Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

 لاَ تَمْنَعُوا نِسَاءَكُمُ الْمَسَاجِدَ وَبُيُوتُهُنَّ خَيْرٌ لَهُنَّ 
“Janganlah kalian melarang istri-istri kalian untuk ke masjid, namun shalat di rumah mereka (bagi para wanita) tentu lebih baik.” (HR. Abu Daud. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)


Dari pemaparan hadits diatas bahwa hadits tersebut shahih dan dalam keutamaan shalat dirumah untuk wanita itu lebih baik, dikarenakan untuk menjaga pandangan pria - pria yang berkeliaran dan hal - hal yang tidak diinginkan lainnya, dan serta dalam hadits diatas tersebut dijelaskan bahwa wanita lebih bagus shalat dirumahnya dan lebih bagus lagi jika ia shalat dikamarnya yang dikhususkan pada kamarnya, karena disitulah akan lebih menutupi dirinya dan lebih afhdol Lihat ‘Aunul Ma’bud, 2: 195 dan Al Majmu’, 4: 198.



Waktu pelaksanaan shalat fardhu dirumah untuk wanita, itu boleh saja jika adzan telah berkumandang boleh ia mengerjakan langsung shalatnya dikarenakan sudah masuk waktu adzan tanpa menunggu waktu iqamah, dan boleh juga untuk menunggu waktu iqamah dan baru ia mengerjakan shalat fardhunya, untuk penjelasan lebih jelasnya sudah pernah infokyai bahas di Bolehkah Sholat Pada Saat Adzan Berkumandang ? silahkan anda baca, semoga dapat bermnafaat artikel infokyai tersebut, wsalm wr wb (FMP)



sumber : 

Aunul Ma’bud, 2: 195 dan Al Majmu’, 4: 198.
islamberkomunikasi.blogspot.com
segala sumber







Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...