Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Thursday, October 5

Khasiat Buah Sirsak Untuk Kesehatan


Foto Buah Sirsak - zonamedis.com
Khasiat Buah Sirsak Untuk Kesehatan
Tentang Kesehatan, Infokyai.com - Hai sahabat kyai, Kali ini infokyai akan membahas mengenai manfaat yang terdapat dalam buah sirsak. Udah pada tahu kan apa itu buah sirsak. Buah sirsak adalah buah dengan bentuk kulitnya yang berduri kecil-kecil yang berwarna hijau, daging buahnya yang berwarna putih dan terdapat biji-biji kecil berwarna hitam lagi banyak.

Buah sirsak atau nangka belanda/durian belanda yang dalam bahasa latinnya adalah Annona muricata merupakan tumbuhan yang berasal dari karibia, Amerika Tengah dan Amerika selatan.

Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu "Zuurzak", yang berarti "kantung yang asam". Sahabat kyai mungkin ada yang bingung nih, kenapa sekarang bisa di namain sirsak ya?
Pada bingung kan?


Kata "sirsak" itu orang-orang indonesia sendiri yang plesetin, dari kata "zuurzak" dalam bahasa belanda menjadi sirsak dalam plesetan bahasa indonesia.
Di wilayah Indonesia tanaman sirsak dapat tumbuh dengan baik dengan ketinggian 1000 meter, DPL. Tanaman ini mampu tumbuh hingga ketinggian 4 sampai 9 meter dari tanah.

Kandungan yang terdapat dalam buah sirsak sangat banyak ya sahabat kyai, diantaranya ; karbohidrat.

Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengar kadar 81,9-93,6 persen dari kandungan gula total. Selain itu dalam buah sirsak mengandung berbagai macam vitamin.
Vitamin yang paling dominan yang terdapat pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang dalam sehari yaitu 60 mg, ini dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 300 gram daging buah sirsak. 

Selanjutnya infokyai ingin menjelaskan manfaat-manfaat yang terkandung dalam buah sirsak bagi kesehatan tubuh.

Dalam buah sirsak mengandung berbagai macam senyawa yang bermanfaat seperti serat, karbohidrat, kalium, Vitamin C, kalsium, air, dan lemak. Nah, dari sinilah kita bisa memprediksikan bahwa banyaknya manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Pertama, fungsi dari serat.Dari yang kita tahu serat sangatlah membantu untuk pencernaan, selain itu serat juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, menjaga kesehatan kulit, mencegah polips usus yang disebabkan oleh peradangan, mencegah wasir dan dapat membantu gerakan usus.

Kedua, dalam sirsak mengandung karbohidrat.Sahabat kyai, kalian tahu kan manfaat karbohidrat. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Karbohidrat merupakan zat gizi yang terdapat dalam makanan yang tersusun dari unsur Carbon (C), Hidrogen(H), dan oksigen (O).

Ketiga, manfaat kalium.Dalam buah sirsak terdapat senyawa yang baik, salah satunya adalah kalium.

Kalium sangat penting untuk fungsi jantung, serta menjaga fungsi otot dan pencernaan yang normal.

Keempat, manfaat vitamin C yang terdapat dalam buah sirsak Vitamin C sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh kita. Tubuh tidak menyimpan Vitamin C, oleh karena itu kita perlu untuk mengkonsumsinya secara rutin dari makanan terutama buah-buahan.

Demikian sedikit penjelasan mengenai manfaat yang terkandung dalam buah sirsak dari infokyai Semoga bermanfaat (FMP/TM)
Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments