Mau Dapat Info Terbaru infokyai ? Ikuti Infokyai Via Email

by infokyai.com

Ketahuilah, Berzakat Banyak Manfaatnya Dalam Kehidupan

Foto ist
Ketahuilah, Berzakat Banyak Manfaatnya Dalam Kehidupan
Tentang Islam, Infokyai.com - Assalamu'alaikum Wr. Wb , Masih dalam suasana ramadhan. Dalam menjelang hari raya idul fitri, sering kali kita mendengar kata zakat. taukah Anda apa itu zakat?
Baiklah, kali ini tim infokyai akan menjelaskan sedikit mengenai zakat dan manfaatnya.
Mau tau info selengkapnya? Yuk mari kita simak bersama.
Zakat adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya, contoh ; fakir, miskin dan sebagainya.

Dalam ketentuan yang telah ditetapkan syari'at Islam, zakat termasuk rukun Islam yang ketiga yaitu setelah syahadat dan sholat.
Zakat di jelaskan dalam Al-Qur'an surah Al-baqorah ayat ke 43 yang berbunyi sebagai berikut ;
وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرْكَعُوا۟ مَعَ ٱلرَّٰكِعِينَ ﴿٤٣﴾
Artinya ;
"Dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk."

Ayat di atas menegaskan bahwa zakat hukumnya wajib karena merupakan perintah dari Allah S.W.T terdapat kata "tunaikanlah" yang mana tertulis dalam kitab suci Al-Qur'an maka sebagai umat muslim kita harus taat untuk menunaikannya.
Zakat digolongkan menjadi 2 macam, yaitu :
- zakat fitrah ; dan
- zakat mal.
Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dibayar oleh umat muslim yang telah memenuhi syarat untuk menunaikannya, zakat fitrah dilakukan pada bulan ramadhan sebelum hari raya idul fitri, selambat-lambatnya sebelum matahari terbit. Zakat fitrah dalam syari'at islam memiliki ketentuan salah satunya adalah wajib membayar 2,5 kilogram berupa makanan pokok. Di Indonesia makanan pokoknya adalah beras maka mayoritas masyarakatnya membayar dengan beras. Jika enggan untuk membayar beras atau tidak memiliki beras maka hendaknya membayar dengan uang yang setara dengan harga beras tersebut.

Zakat yang ke-2 adalah zakat mal
Zakat mal adalah zakat yang dikeluarkan atas harta-harta tertentu yang telah memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh syari'at islam. Zakal mal dilakukan apabila mempunyai penghasilan dan harta tertentu yang memenuhi syarat untuk membayarnya.
Contoh ; Emas, hasil kebun, hasil pertanian, hasil tambangan, hasil panen ikan dan sebagainya.
Cara menghitung zakat mal/harta kekayaan.
Zakat Maal dapat dihitung yaitu = 2,5% x Jumlah Harta Yang Tersimpan Selama 1 Tahun berupa tabungan ataupun investasi
Menghitung Nisab Zakat Mal = 85 x harga emas pasaran per gram.
Manfaat yang kita peroleh ketika kita telah menunaikan zakat.
Adapun manfaat zakat yang salah satunya yaitu ;
Zakat mampu memperbaiki akhlak seseorang yang dengan ikhlas menunaikannya. Sifat pelit dan bakhil bisa hilang dari dirinya. Seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur'an surah. At-Taubah ayat ke-103 yang berbunyi ;
خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ ﴿١٠٣﴾
Artinya ;
"Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui."
Ayat diatas menjelaskan bahwa, dengan kita menunaikan zakat dari harta kita, maka akan dapat membersihkan dan menyucikan diri.

Mengeluarkan zakat, infak, dan shadaqah adalah sudah di jamin Allah swt, tidak akan mengurangi harta kita, dan itu merupakan salah satu tanda syukur kita atas semua rezeki yang telah kita miliki selama ini.
Selain perintah dan manfaat zakat,
Ada pula peringatan bagi umat muslim yang enggan untuk menunaika zakat.
Allah Swt. memperingatkan orang yang menolak membayar zakat dengan berfirman dalam Al-Qur'an surahAt-Taubah 34 yang berbunyi ;
۞ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِنَّ كَثِيرًا مِّنَ ٱلْأَحْبَارِ وَٱلرُّهْبَانِ لَيَأْكُلُونَ أَمْوَٰلَ ٱلنَّاسِ بِٱلْبَٰطِلِ وَيَصُدُّونَ عَن سَبِيلِ ٱللَّهِ ۗ وَٱلَّذِينَ يَكْنِزُونَ ٱلذَّهَبَ وَٱلْفِضَّةَ وَلَا يُنفِقُونَهَا فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ فَبَشِّرْهُم بِعَذَابٍ أَلِيمٍ ﴿٣٤﴾
Artinya ;
"Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya banyak dari orang-orang alim dan rahib-rahib mereka benar-benar memakan harta orang dengan jalan yang batil, dan (mereka) menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menginfakkannya di jalan Allah, maka berikanlah kabar 
gembira kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih."

Terdapat pula peringatan yang selanjutnya terdapat dalam surah yang sama yaitu surah At-taubat pada ayat ke 35 yang berbunyi ;
يَوْمَ يُحْمَىٰ عَلَيْهَا فِى نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوَىٰ بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنُوبُهُمْ وَظُهُورُهُمْ ۖ هَٰذَا مَا كَنَزْتُمْ لِأَنفُسِكُمْ فَذُوقُوا۟ مَا كُنتُمْ تَكْنِزُونَ ﴿٣٥﴾
Artinya ;
"(Ingatlah) pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam neraka Jahanam, lalu dengan itu disetrika dahi, lambung dan punggung mereka (seraya dikatakan) kepada mereka, "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.""
Rasulullah saw bersabda ;
“Tidak seorangpun (yang memiliki simpanan), kemudian ia tidak mengeluarkan zakatnya, pasti akan dipanaskan simpanannya itu di neraka jahanam, dijadikan cairan panas yang di lambung di dahinya, sehingga Allah berikan keputusan di antara para hamba-Nya di hari yang lama seharinya selama lima puluh ribu tahun, sehingga diketahui ke mana perjalanannya, iaitu ke syurga atau neraka.” (Asy-Syaikhani).

BERSAMBUNG ...
Wassalamua'laikum Wr. Wb (FMP/TM)
loading...
Add Friend

Ikuti Infokyai Via Email:

Delivered by FeedBurner

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top