Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Loker PT Zona Plastik KLIK DISINI

Loker Gink Technology KLIK DISINI

Monday, July 17

6 Hari Puasa Syawal Yuk banyak Keutamaan (Fadhilah) Tersedia Niat Beserta Dalil

Foto Ist
6 Hari Puasa Syawal Yuk, Tersedia Niat Beserta Dalil, Keutamaan dan Fadhilah

Tentang Islam, Infokyai.com - Assalamualaikum wr wb, Sebulan penuh berpuasa di bulan ramadhan, dan bertepatan dengan hari kemenangan pada tanggal 1 Syawal seluruh umat islam di seluruh dunia merayakan hari kemenangan setelah sekian lama puasa penuh di bulan ramadhan.

Puasa Sunnah Syawal adalah puasa sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Saw, pesan isyarat dari puasa sunnah syawal adalah agar kita tidak menjadi seorang hamba yang lupa kepada Allah swt, dikarenakan pada saat hari kemenangan kita dianjurkan untuk bersilaturahmi ke saudara - saudara terdekat dan tetangga - tetangga sekitar, dan pesan puasa sunnah syawal ini adalah walau telah datang hari kemenangan, jangan lah kalian lupa dengan namanya urusan akherat dan mengisyartkan dan jangan pula anda berlebih - lebihan pada saat hari kemenangan, 

Puasa Sunnah Syawal dianjurkan dilakukan selama 6 hari di Bulan Syawal, dan sering kita dengar bahwa Sunnah adalah boleh dikerjakan dan tidak juga tidak berdosa, dan keuatamaan Puasa Sunnah Syawal jika dikerjakan akan mendapat pahala yang sangat besar yaitu diumpamakan pahalanya seperti seseorang yang berpuasa selama satu tahun penuh (ingat jangan kalian berpikir jika kalian sudah melakukan puasa syawal, kalian tidak perlu lagi melakukan puasa lainnya dikarenakan ganjaran pahala melakukan puasa syawal pahalanya seperti seseorang yang berpuasa selama satu tahun penuh, dan perlu diketahui Allahualam pahala hanya Allah swt yang dapat menghitungnya dan mengetahuinya, kita sebagai hambanya hanya bisa untuk melaksanakan sesuai dengan anjuran yang berpatok pada Al Qur'an dan Al Hadist) dan jika anda tidak melaksanakan Puasa Sunnah Syawal atau istilahnya ditinggalkan tidak berdosa. 

Puasa Sunnah Syawal bisa anda laksanakan atau lakukan pada tanggal 2 Syawal, dan untuk 1 Syawal belum boleh dilakukan atau dilaksanakan Puasa Sunnah Syawal, diingat pada tanggal 1 Syawal tidak Boleh Berpuasa Sunnah Syawal, dikarenakan pada tanggal 1 Syawal Nabi Muhammad Saw menganjurkan kita untuk bersilaturahmi dan merasakan hari kemenangan (makan, minum setelah sebulan penuh berpuasa). Puasa Sunnah Syawal dilangsungkan selama 6 hari yaitu pada tanggal 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 syawal dibulan Syawal ya, jika udah lewat bulan syawal ya tidak termasuk Puasa Sunnah Syawal. 

Pertanyaan yang sering ditanyakan sebagai berikut : 
Apakah Jika Puasa Sunnah Syawal harus berturut -turut atau boleh selang - seling ??
Puasa Sunnah Syawal yang dianjurkan adalah Puasa Sunnah Syawal yang berturut seperti dari tanggal 2 s.d tanggal 7 syawal, untuk pelaksanaa selang - seling juga boleh asalakan berjumlah Puasa Sunnah Syawalnya adalah 6 hari dibulan Syawal.

Panduan dibawah ini adalah Niat Puasa Sunnah Syawal
Niat puasa syawal sunnah 6 hari lengkap arab, latin dan terjemahannya
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ ِستَةٍ ِمنْ شَوَالٍ سُنَةً ِللَه تَعَالَي

NAWAITU SHOUMA GHODIN 'ANSITTATIN MIN SYAWAALI SUNNATAN LILLAAHI TA'ALAA

Artinya :
Saya niat berpuasa sunnah enam haru bulan Syawal karena Allah


Dalil / Hadits Riwayat Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah Tentang Puasa Sunnah Syawal selama 6 Hari

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ
Artinya :
Barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa 6 (enam) hari bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti puasa satu tahun penuh. (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Dalil / Hadits Riwayat Nasa'i Tentang Puasa Sunnah Syawal selama 6 Hari

جعل الله الحسنة بعشر أمثالها فشهر بعشرة أشهر وصيام ستة أيام تمام السنة
Artinya :
Allah menjadikan kebaikan dengan 10 kali lipat. Maka satu bulan sama dengan 10 bulan. Dan puasa enam hari sama dengan setahun penuh. (HR. Nasa'i)

Dalil / Hadits Riwayat Ibnu Khuzaimah Tentang Puasa Sunnah Syawal selama 6 Hari

صيام شهر رمضان بعشرة أمثالها وصيام ستة أيام بشهرين فذلك صيام السنة
Artinya :
Puasa sebulan Ramadan pahalanya 10x lipat. Puasa enam hari bulan Syawal sama dengan dua bulan. Maka jumlahnya sama dengan setahun penuh. (HR. Ibnu Khuzaimah)
Dari Dalil atau Hadist diatas tentang Puasa Sunnah Syawal bisa kita ambil kesimpulannya bahwa, 
Puasa Sunnah Syawal adalah puasa sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Saw, dengan catatan jika kalian ingin mendapat keutamaaan dan fadhilah dari Puasa Sunnah Syawal kalian mengerjakan dengan cara hadist tersebut yaitu melaksanakan Puasa Sunnah Syawal selama 6 hari, tapi dari pendapat-pendapat ulama lainnya, Allahualam semua tindakan pasti ada keutamaan dan fadhilahnya, menurut Yusuf Qardhawi berpendapat tentang Puasa Sunnah Syawal, jika melaksanakan Puasa Sunnah Syawal tidak harus melaksanakannya hari setelah hari raya yaitu pada tanggal 2 syawal dan tidak harus juga melaksanakan Puasa Sunnah Syawal berturut-turut bisa kita ambil hikmahnya bahwa Allah swt tidak mempersulit hamba-hambanya untuk mencari ridhonya di dunia, jadi kesimpulannua yang terpenting adalah melaksanakan Puasa Sunnah Syawal dilakukan atau dilaksanakan selama bulan Syawal walaupun selang - seling atau tidak berturut - turut maka akan mendapat juga keutamaan (fadhilah) puasa Syawal seperti disebut dalam hadits - hadits diatas

Sumber referensi : 
Buku Hadits
islamberkomunikasi.blogspot.com
islamtalking.com
alkhoirot.net
Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments