Mempunyai Info Lowongan Kerja ? Event ? Bisnis dan UKM ? Berita di Sekitar Anda ? Kirimkan ke KAWANNONGKRONG@GMAIL.COM

Mau Pasang Iklan Premium ? KLIK DISINI

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

PIN BBM Terbaru infokyai D99E6B3E

Pesan Tiket Kapal Laut Via Online KLIK DISINI

Jadwal Sim Keliling Terbaru KLIK DISINI

Taukah Nuzulul Qur'an ? Islam Wajib Tau Tentang Nuzulul Qur'an !

Foto - ahmadfaizar
Taukah Nuzulul Qur'an ? Islam Wajib Tau Tentang Nuzulul Qur'an !
Tentang Islam, Infokyai.com - Assalamu'alaikum Wr.Wb Alhamdulillahi Robbil alamin/ Ucapan syukur kita kepada Allah swt. yang mana kita masih diberikan banyak kenikmatan-kenikmatan didunia ini.

Apa kabar temen-temen? Udah baca Al-quran hari ini? Sebagai umat muslim, hendaknya kita harus tau sejarah Al-quran. Kali ini tim infokyai akan menjelaskan sedikit mengenai Al-quran dan apa itu Nuzulul Quran.
Al-quran diturunkan oleh Allah melalui Malaikat Jibril kepada nabi tercinta kita, Muhammad SAW. Dan, peristiwa ini ghalib disebut dengan Nuzulul Quran.
Assalamu'alaikum Wr.Wb

Alhamdulillahi Robbil alamin

Ucapan syukur kita kepada Allah swt. yang mana kita masih diberikan banyak limpahan rahmat serta kasih sayang-NYA sehingga kita masih bisa menunaikan ibadah puasa di tahun ini. Alhamdulillah
"Apa kabar temen-temen?"
"Udah baca Al-quran hari ini?"
Hari ini tim infokyai akan berbagi sedikit infomasi kepada temen-temen, yaitu mengenai Kaitannya Nuzulul Quran dengan malam lailatul qadr.. Apa temen-temen sudah pada tahu apa itu Nuzulul Quran? Bagi yang ingin tahu informasi selengkapnya? Yuk mari kita simak bersama.

Pertamakali yang akan kita bahas yaitu definisi atau pengertian Nuzulul Quran. Nuzulul Quran yang secara harfiah berarti turunnya Al-Qur'an. Adapun hadits Nabi Muhammad saw yang berbunyi “Al Qur’an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia. Lalu diturunkan berangsur-angsur kepada Rasul -shallallahu ‘alaihi wa sallam- sesuai dengan peristiwa-peristiwa dalam jangka waktu sekitar 23 tahun.” (HR. Thobari)

Dalam hati temen-temen mungkin ada yang bertanya, "Apa sih pentingnya Nuzulul Quran?", setelah mengetahui apa itu Nuzulul Quran apa yang harus saya lakukan?. Jujur nih temen-temen pertanyaan semacam ini pernah timbul dalam diri saya. Nah dari situlah, inisiatif saya mau bikin artikel ini bersama tim infokyai, Hehee.



Temen-temen, penting nih buat kalian. Di ingat-ingat yah... "Nuzulul Quran harusnya dimaknai sebagai upaya untuk kembali mempelajari Alquran dan semua sirah Nabi. Kehadiran Nabi adalah penjelas dan penerjemah paling benar terkait informasi-informasi Alquran". Gituu.... Nah! Apa kalian udah paham? Di awal tadi saya ada pertanyaan buat kalian, " Udah baca Al-quran hari ini?" pertanyaan ini mungkin sedikit menyinggung buat kalian, tapi ini baik bukan untuk memupuk jiwa kalian dalam mencintai dan membaca Al-quran. Tapi membaca Al-quran saja tidak cukup, teman-temen harus mengkaji lebih dalam mengenai arti dan makna Al-quran. Hal yang sangat penting sebagai pedoman dan sebagai penuntun bagi umat manusia, yaitu Alquran Al-Karim. Oleh karena itu kita harus benar-benar belajar dalam mendalami Al-quran, di butuhkan ke iklasan, kesabaran dan yang paling penting adalah iman. Yuk mari kita belajar ;-)


Nah, selanjutnya kita akan membahas materi utama kita yaitu mengenai kaitannya Nuzulul Quran dengan malam lailatul qadr

Di jelaskan dalam Al-Qur'an surah Al- qadar ayat pertama yang berbunyi;
إِنَّآ أَنزَلْنَٰهُ فِى لَيْلَةِ ٱلْقَدْرِ ﴿١﴾

Yang artinya;

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar."
Ayat diatas menjelaskan bahwa Al-Qur'an di turunkan pada malam qadar( malam kemuliaan) hal tersebut jelas saling berkaitan antara Nuzulul Quran dan lailatul qadr.



Dijelaskan lagi ayat ke-2 dan ke-3 yang berbunyi;
وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ ﴿٢﴾
لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ ﴿٣﴾

Yang artinya;

2. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari pada seribu bulan."
Jadi, kalian pasti sudah tau kan apa itu malam lailatul qadr? Yap, benar sekali. Malam lailatul qadr adalah malam yang sangat istimewa, malam kemuliaan dan juga malam keberkahan serta malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan atau -+ 83 tahun.

Ada alasan kenapa malam lailatut qadr disebut sebagai malam kemuliaan, di jelas dalam Al-Qur'an surah Al- qadar ayat ke-4 yang berbunyi sebagai berikut;
تَنَزَّلُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ وَٱلرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ ﴿٤﴾

Artinya;

"Pada malam itu turun para malaikat dan Rūh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.
Ayat diatas dapat kita petik pelajarannya bahwa, malam lailatul qadr sangat istimewa karena pada malam itu turun para malaikat dan Rūh (Jibril) bertebaran dimuka bumi bahkan malam ini merupakan malam yang penuh kesesakan karena begitu banyaknya para malaikat-malaikat Allah yang turun dibumi untuk mengatur semua urusan. Dan Allah Swt akan melipat gandakan pahala ibadah kita pada malam lailatul qadr yang setara dengan ibadah kita selama 1000 bulan atau -+ 83 tahun. Masya Allah, Allahu Akbar.
Begitu baiknya Allah swt kepada kita yang telah memberikan hadiah berupa malam lailatul qadr. Untuk itu, yuk kita bersama-sama untuk senantiasa iklas dan tekun dalam menjalankan semua ibadah yang ditujukan kepada Allah swt dan dan semata-mata hanya untuk mendapatkan ridho-NYA

Semoga di bulan ramadhan ini kita semua di jumpai malam lailatul qadr.

Amin-amin ya robbal A'lamin

Demikin sedikit penjelasan dari kami selaku tim infokyai

Semoga menambah wawasan bagi Anda.
Saya ucapkan terimakasih.
Wassalamua'laikum Wr.Wb. (FMP/TM)
Add Friend

Ikuti Infokyai Via Email:

Delivered by FeedBurner

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top