Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Loker PT Zona Plastik KLIK DISINI

Loker Gink Technology KLIK DISINI

Monday, May 1

Ayam Berkokok Setiap Pagi, Apa Alasannya ?

Ayam Berkokok Foto Ist
Ayam Berkokok Setiap Pagi, Apa Alasannya ?
Islam, Infokyai.com -  Assalamualaikum Wr. Wb, Ayam adalah salah satu mahluk ciptaan Allah swt, yang diciptakan dengan memiliki dua kaki dan memiliki bulu yang lebat serta paruh-paruh yang tajam untuk menjaga dirinya, Kali ini tim infokyai.com akan membagikan informasi mengenai Ayam jantan. 


Kenapa sih dengan ayam jantan? Pengen tahu kenapa tim infokyai membahas tentang ayam jantan ?
Ayam jantan itu kan selalu berkokok pada saat fajar menjelang pagi, Namun taukah Anda? apa yang menyebabkan ayam jantan selalu berkokok menjelang pagi ?

Mari kita simak penjelasan berikut ini

Sebuah riset membuktikan bahwa ayam secara genetis di progam untuk berkokok saat fajar menjelang. Sebelumnya, belum diketahui apa yang membuat ayam jantan berkokok setiap pagi, sebagian pihak menganggap bahwa itu adalah reaksi ayam jantan terhadap lingkungannya.
Kukuruyukkkkk...!!! itulah bunyi yang sering kita denger pada saat fajar menjelang pagi, 
suara tersebut seperti alarm dalam telinga jika terdengar, 
tak henti-hentinya berbunyi setiap hari, 
jadi semakin penasaran dengan sih ayam, ada apakah dengan sih ayam ??
ko bisa ya tiap hari bisa berbunyi kukuruyuk tepat waktu setiap harinya ?
penasaran ? yuk kira lanjut penjelasannya .. 

Dikenal sebagai munculnya fajar dibanyak negara, namun belum jelas apakah kokokan tersebut terjadi dibawah kendali jam biologis atau sebagai rangsangan eksternal. Demi mencari jawabannya team penelitian dari jepang melakukan uji coba, mereka mencoba meletakkan ayam jantan sepanjang waktu dengan pencahayaan lampu redup. Dari penelitian terungkap tidak peduli apa yang terjadi kenyataannya mereka tetap berkokok tepat di saat fajar menjelang. Dari penelitian tersebut para peneliti menyimpulkan bahwa ini sebagai bukti fokalisasi masuk kedalam salah satu yang di sebut dengan ritme sirkardian.

Ritme sirkardian adalah siklus 24 jam dalam proses fisiologis mahluk hidup termasuk hewan, tumbuhan, jamur dan siano bakterian. Ritme ini penting untuk menentukan pola tidur dan pola makan pada hewan dan manusia. Kebanyakan tumbuhan dan hewan juga memiliki mekanisme internalisasi waktu tersebut, itulah mengapa kita cenderung melakukan aktifitas seperti makan, tidur atau kegiatan lain di waktu yang seragam.
Sebagai kosekuensinya, kita menjadi sadar jadwal. Tubuh kita memiliki kesempatan untuk berhadaptasi dengan hal tersebut, sehingga seseorang yang memiliki fungsi ritme sirkardian yang baik sering dikaitkan bahwa dia memiliki kesehatan yang baik pula.


Penelitian sebelumnya menemukan bahwa banyak perilaku binatang, termasuk manusia, yang didorong oleh jam internal. Misalnya, pada malam hari, kadar insulin menurun sehingga manusia memproses makanan lebih lambat. Bahkan ikan gua yang buta pun menggunakan jam circadian untuk mengetahui waktu. Stimulus atau rangsang dapat muncul sepanjang hari, semisal sorotan lampu mobil, yang akan membuat ayam berkokok setiap saat. Ada kemungkinan pula bahwa peningkatan cahaya menjadi pemicu ayam berkokok. Untuk mengetahui pengaruh rangsang cahaya itu, Yoshimura menaruh 40 ayam jantan di sebuah ruangan yang selalu terang sepanjang hari dan mencatat kapan ayam berkokok. Ternyata ayam tetap berkokok pada pagi hari, dan pada waktu lain, menanggapi cahaya dan kokok ayam lainnya. Namun perilaku berkokok itu jauh lebih kuat pada dinihari. Temuan ini menunjukkan bahwa perilaku tersebut didorong jam circadian internal, bukan kondisi eksternal. *Dikutip dari tempo.co



dalam suatu hadits yang berkenaan tentang ayam berkokok, seperti hadist dibawah ini :

Nabi Shalallaahu 'Alaihi wa Sallam bersabda: apabila kalian mendengar suara ayamjantan berkokok (di waktu~malam),,maka mintalah karunia kepada Allaah, karena sesungguhnya ia melihat malaikat. namun apabila engkau mendengar keledai meringkik (di waktu~malam),,maka mintalah perlindungan kepada Allaah dari gangguan syaithan,,karena sesungguhnya ia telah melihat syaithan [Shahih, Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim]
Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi wa Sallam berpesan; jika kalian gentar dan risau ada syaithan yang mengganggu di siang~hari,,malam~hari atau kapanpun di sebuah rumah,,gedung,,tempat,,dan lain sebagainya,,maka ucapkanlah:

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ
aku berlindung kepada Allaah dari syaithan yang terkutuk

dari hadist diatas, kita pasti pernah mengalami hal tersebut, mendengar suara ayam berkokok dimalam hari dan suara keledai meringkik, Ucapkan dan berdoalah seperti ini :
رَبِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنَ وَأَعُوْذُ بِكَ رَبِّيْ أَنْ يَحْضُرُوْن
( المؤمنون : 97-98 )
ya Tuhanku,,aku berlindung kepada Engkau dari bisikan~bisikan syaithan..dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku,,agar mereka tidak mendekati aku


dari pengertian diatas tentang ayam berkokok kita bisa ambil hikmah bahwa ayam berkokok kita diisunnahkan untuk berdoa

Demikian sedikit penjelasan dari tim infokyai.com mengenai ayam berkokok.



Semoga informasi ini membawa manfaat untuk Anda.
Wassalamua'laikum Wr.Wb (FMP/TM)
Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments