Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Tuesday, June 6

Cara Simple Menjaga Kesehatan Tubuh di Saat Sedang Puasa

Foto : Puasa Sehat - kesehatanmanuasia.com
Cara Simple Menjaga Kesehatan Tubuh di Saat Sedang Puasa
Tentang Islam, Infokyai.com - Assalamu'alaikum Wr.Wb Alhamdulillahirobbil Alamin, Ucapan syukur kita kepada Allah Swt, yang mana dalam bulan suci Ramadhan di tahun 2016 ini kita masih dapat menunaikan ibadah puasa.

Bicara mengenai seputar puasa, kami tidak henti-hentinya memberikan informasi yang Insya Allah membawa manfaat untuk Anda. Kali ini saya akan membagikan sedikit informasi tentang cara mudah menjaga kesehatan tubuh meskipun dalam menjalankan ibadah puasa.
Mau tau informasi selengkapnya??
Mari kita ulas penjelasan berikut ini :)
Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh selama bulan puasa juga sangat penting bagi Anda yang bekerja secara rutin. Selama bulan Ramadhan, umat Islam menjaga diri dari makanan, minuman, dan hal lain yang dapat membatalkan ibadah puasa. Kadang-kadang di bulan Ramadhan justru mengalami sakit, sehingga menghalangi untuk berpuasa.
Nah, kali ini ada 6 tips yang akan saya bagikan untuk anda mengenai cara menjaga kesehatan tubuh di saat puasa, semoga di bulan Ramadhan Ini Anda bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan sehat. Amin


Pertama, hal yang paling pokok yang harus anda konsumsi pada saat sahur ataupun berbuka puasa adalah makanan yang sehat di antaranya; kurma dan air.
Kurma dan air adalah pilihan terbaik untuk berbuka karena sajian itu merupakan sumber yang sangat baik untuk energi yang mengandung kalium dan magnesium. Makanan yang tak kalah penting untuk dikonsumsi selanjutanya yaitu mengonsumsi makanan yang kaya serat, karena dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, ini dapat menjadi sumber energi berkelanjutan(energi yang dapat bertahan lama) yang dicerna secara perlahan-lahan oleh sistem pencernaan tubuh. Makanan berserat juga bisa menangkal sakit kepala dan sembelit, yang diketahui efek samping umum dari puasa.

Kedua, Usahakan minum setidaknya 10 gelas cairan, terutama air, dari berbuka puasa sampai sahur setiap harinya. Hal ini dapat menghindari Anda dari dehidrasi.
Ketiga, Usahakan untuk menghindari minuman kopi dan soda karena bisa menyebabkan Anda sulit tidur dan menimbun banyak lemak. Sebagai penggantinya Anda bisa Minum minuman yang sehat seperti air mineral dan jus buah.


Keempat, dari yang kita ketahui puasa merupakan cara diet ampuh dan aman untuk menurutkan berat badan. Hal ini dikarenakan puasa dapat melatih pola dan waktu makan secara teratur.
Berlatihlah juga untuk mengontrol porsi makan dan menghindari lemak, seperti gorengan, karena mengandung energi padat (energy dense) dan dapat menyebabkan rasa mulas dan sendawa.

Kelima, Rajinlah Berolahraga. Dengan berolah raga tubuh akan menjadi sehat dan sirkulasi darah bisa lancar. Dan tetaplah pada latihan rutin yang biasa Anda lakukan. Dalam bulan puasa ini Anda sebaiknya mengganti waktu berolahraga Anda yaitu baik dilakukan setelah berbuka puasa atau pagi hari sebelum sahur. Cobalah untuk merubah sesi olahraga Anda lebih intens dan kurangi durasi lebih pendek selama Ramadhan. Hal ini baik dilakukan untuk kesehatan tubuh Anda dan dapat menghemat energi karena mengingat banyak energi dalam tubuh yang terkuras setelah menjalankan aktifitas seharian.

Cara yang terakhir agar tubuh tetap sehat disaat puasa adalah Tidur yang cukup.
Cobalah untuk tidur yang cukup 7-8 jam di malam hari . Jika tidur malam masih belum cukup, luangkan waktu 20-30 menit untuk melakukan power-nap di siang hari. Meski singkat, tidur ini bisa membantu memulihkan energi Anda.

Demikian sedikit penjelasan dari saya
Semoga membawa manfaat untuk Anda.
Selamat mencoba dan selamat menunaikan ibadah puasa. :)
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
(FMP/TM)
Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments